Ruas Tol Paling Untung di Jalur Sumatera

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Sabtu, 10 Maret 2012

Ruas Tol Paling Untung di Jalur Sumatera

VIVAnews - Perusahaan pengelola jalan tol milik pemerintah, PT Jasa Marga Tbk mengaku berminat untuk segera membangun jalan tol 1.000 kilometer di Sumatera. Alasannya, sejumlah titik-titik strategis diperkirakan memberikan keuntungan bisnis bagi perusahaan.

"Kami berharap Sumatera seperti Jawa. Selama ini, konsentrasi pertumbuhan ekonomi ada di Jawa," kata Direktur Utama Jasa Marga, Adityawarman, kepada VIVAnews di Jakarta.

Menurut Adityawarman, proyek pembangunan jalan tol trans Sumatera itu bakal mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Namun, proses pembangunan jalan bebas hambatan ini diakui harus dijalankan secara bertahap.

Saat ini, Jasa Marga masih melakukan uji kelayakan, baik secara ekonomis maupun konstruksi. "Sekarang menunggu daerah lain, masih tahap awal," ungkapnya.

Dari perkiraan sementara, Jasa Marga memperkirakan banyak ruas jalan tol yang memberikan keuntungan bisnis bagi perusahaan. Sejumlah wilayah di Sumatera yang berpotensi menguntungkan itu disebabkan arus kendaraan (traffic) yang tinggi.

"Tetap utamanya bisnis, sekarang yang ramai ada di beberapa daerah seperti Lampung, Palembang, Padang, Medan, dan Pekanbaru," ujarnya.

Lebih detail, Jasa Marga memperkirakan ruas jalan tol yang bisa memberikan keuntungan berada di wilayah Lampung terutama di sekitar Tanjung Karang. Di Provinsi Sumatera Selatan, ruas tol yang bakal menguntungkan berada di kawasan Prabumulih.

Untuk wilayah Sumatera Barat, ruas tol yang bakal menguntungkan berada di kota Padang. Selanjutnya, di Sumatera Utara berada di Medan-Kualanamu-Binjai, serta untuk wilayah Riau berada di Dumai-Pekanbaru. "Itu kan beberapa sudah ada yang dibangun, sisanya akan secara bertahap," kata dia. (art)

Popular Posts