PLN Bangun PLTA Jatigede Rp2 Triliun

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Selasa, 20 Maret 2012

PLN Bangun PLTA Jatigede Rp2 Triliun

VIVAnews - PT Perusahaan Listrik Negara berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Jatigede di Sumedang, Jawa Barat dengan kapasitas 2 x 55 megawatt. Rencana itu menyusul telah disepakatinya kerja sama pembangunan dan pengelolaan PLTA Jatigede antara PLN dan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto, menjelaskan, Kementerian PU bertugas dalam pembangunan dan pengelolaan bendungan,  termasuk waduk PLTA Jatigede. Sementara itu, PLN bertugas untuk membangun dan mengelola operasional PLTA Jatigede.

"Saat ini, PLN secara intensif masih mempersiapkan kelengkapan administratif dan teknis yang dibutuhkan untuk pembangunan PLTA yang diperkirakan menyerap dana sekitar US$224,4 juta (sekitar Rp2,01 triliun)," kata Bambang dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com, Kamis 15 Desember 2011.

Salah satu tahapan yang tengah dipersiapkan itu adalah proses pelelangan untuk kontraktor pelaksana pembangunan PLTA Jatigede. PLTA Jatigede diharapkan sudah dapat menyuplai pasokan listrik ke sistem kelistrikan Jawa Bali pada 2015.

Pembangunan PLTA Jatigede akan meliputi gedung pembangkit, berikut dengan saluran pembawa air, tangki pendatar air, pipa pesat, saluran buang, bangunan transmisi, jaringan transmisi, serta bangunan penunjang lainnya.

Sementara itu, selain untuk keperluan pengembangan PLTA, pembangunan bendungan Jatigede juga dimanfaatkan guna melayani kebutuhan irigasi seluas 90 hektare dan upaya pengendalian banjir untuk dareah Pantura, terutama antara kota Cirebon dan Indramayu. (art)

Kerja di rumah

Popular Posts