Pertamina: Cadangan Gas Donggi Terbukti

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Minggu, 04 Maret 2012

Pertamina: Cadangan Gas Donggi Terbukti

Sumur Donggi-6 telah berhasil menembus angka produksi di atas 17 juta standar kaki kubik per hari. (Antara/Prasetyo Utomo)

VIVAnews - Pertamina EP berhasil buktikan cadangan gas di Struktur Donggi Sulawesi Tengah. Hasil uji produksi yang dilakukan di sumur Donggi-6 telah berhasil menembus angka produksi di atas 17 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD).

“Kami sangat bersyukur bahwa keberhasilan Donggi-6 telah menambah catatan keberhasilan Pertamina EP dalam hal penemuan cadangan migas,” kata Presiden Direktur Pertamina EP Syamsu Alam dalam keterangan tertulis, Minggu 3 Maret 2012.

Pertamina EP melaksanakan kegiatan pengembangan gas Matindok sebagai upaya mendorong gas dari area Matindok sebesar 105 MMSCFD (net) untuk kebutuhan kilang LNG dan PLN. Rencana pasokan ke kilang LNG adalah sebesar 85 MMSCFD dan pasokan untuk PLN sebesar 20 MMSCFD.

Sumur Donggi-6 adalah salah satu dari 8 sumur yang akan diproduksikan di lapangan Donggi, Sulawesi Tengah, yang merupakan bagian dari Proyek Pengembangan Gas Matindok yang dikelola oleh Pertamina EP. Area Matindok meliputi lapangan Donggi, Matindok, Maleoraja, dan Minahaki. Plan of Development (POD) pengembangan gas Matindok tersebut mendapat persetujuan dari BPMIGAS pada tanggal 24 Desember 2008.

Pertamina EP merupakan produsen gas yang memasok untuk memenuhi kebutuhan domestik, terutama untuk industri. Saat ini kontrak penjualan gas Pertamina EP untuk industri sebesar 71 persen, baik yang dipasok langsung ke konsumen maupun lewat PT PGN (Persero) Tbk.

Pasokan tersebut sudah termasuk pasokan gas untuk pupuk dan industri baja. Selain itu, 28,5 persen produksi gas Pertamina dipasok untuk pembangkit listrik, termasuk listrik untuk industri. Sedangkan sisa produksi gas dipasok untuk memenuhi kebutuhan gas kota serta bahan bakar gas. (ren)

Popular Posts