Cara Aman Belanja Online

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Minggu, 04 Maret 2012

Cara Aman Belanja Online

VIVAnews - Berbelanja secara daring (online) mulai jadi gaya hidup masyarakat di Indonesia. Namun konsumen harus mewaspadai maraknya pula penipuan belanja di dunia maya ini. Salah satu penipuan yang marak terjadi adalah kaburnya penawar produk setelah pembeli mentransfer uang.

Salah satu cara untuk mengatasi penipuan belanja online adalah dengan memanfaatkan pihak ketiga (escrow) dengan menggunakan rekening bersama. Salah satu penyedia jasa escrow di Indonesia adalah Inapay.com yang dinaungi oleh PT Indonesia Payment Solution.

Kepala Eksekutif Korporat PT Indonesia Payment Solution, Ivan Sebastian, mengatakan transaksi belanja online di E-bay pada 2010 lalu mencapai US$3,4 miliar pada 2010 lalu dan diperkirakan pada 2012 ini total transaksi online ditaksir mencapai US$4,1 miliar.

"Kami optimistis belanja online akan semakin berkembang, melihat pertumbuhan pengguna internet di Indonesia terus naik," kata Ivan kepada VIVAnews di Jakarta akhir pekan lalu.

Seiring tumbuhnya belanja online, dibutuhkan escrow sebagai fasilitator antara penjual dan pembeli untuk meminimalisir penipuan. Pembeli dan penjual harus terdaftar dalam database Inapay.com, dan telah sepakat melakukan transaksi jual beli melalui Inapay.

Pembeli mengirimkan uang pembayaran kepada Inapay dengan mengkonfirmasi melalui sistem Inapay, Inapay secara otomatis akan mengkonfirmasikan kepada seller bahwa buyer telah membayar dan seller dipersilakan mengirim bayar melalui jasa pengiriman terpercaya yang memiliki fasilitas tracking.

Ketika buyer telah menerima barang, buyer diwajibkan mengkonfirmasi melalui sistem Inapay dan otomatis Inapay mengirim uang kepada seller. Inapay melayani pembayaran dengan nominal Rp0 hingga Rp99 juta, dan saat ini belum mengenakan biaya apapun untuk menggunakan fasilitas layanan.

Jika terdapat perbedaan barang yang diterima oleh pembeli, maka pembeli bisa menggunakan fasilitas tunda untuk menunda pembayaran hingga tiga hari hingga masalah selesai. Untuk menghindari unsur penipuan, Inapay akan memediasi penjual dan pembeli yang bermasalah.

"Biasanya kalau yang niat menipu hanya berani komunikasi melalui chat, dan saat ditelepon nomornya tidak aktif," katanya. "Inapay terus mengembangkan sistem untuk menutup lubang-lubang penipuan," lanjut Ivan.

Lantas apa kelebihan Inapay dibandingkan fasilitas rekening bersama lainnya? "Kami serius dengan bisnis ini dengan mendirikan perusahaan berbadan hukum, kami juga saat ini sedang mengurus surat legalitas dari bank Indonesia," kata Ivan.

Untuk memudahkan pembeli ataupun penjual akan transaksi keuangan, Inapay dilengkapi dengan sejarah transaksi. Saat ini Inapay baru melayani transfer uang dari BNI, BCA, Mandiri dan CIMB Niaga. "Transaksi harian kami saat ini sekitar 50 transaksi per hari, dan ini akan terus berkembang," kata Ivan. (ren)

Popular Posts