Harga Minyak Indonesia Tembus US$122/Barel

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Jumat, 02 Maret 2012

Harga Minyak Indonesia Tembus US$122/Barel

VIVAnews - Harga rata-rata minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) pada Februari 2012 mencapai US$122,17 per barel, atau naik US$ 6,26 per barel dari US$115,91 per barel pada Januari 2012. Peningkatan harga minyak mentah Indonesia tersebut sejalan dengan perkembangan harga minyak mentah utama di pasar internasional.

Dalam Executive Summary tim harga minyak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang dikutip VIVAnews.com, Jumat 2 Maret 2012 disebutkan kenaikan harga minyak mentah Indonesia disebabkan antara lain oleh ekskalasi ketegangan antara Iran dengan negara-negara Barat terkait masalah nuklir.

Ekskalasi ketegangan disebabkan oleh tiga hal, yaitu Iran telah menghentikan ekspor minyak mentah ke negara-negara Eropa sebagai bentuk perlawanan atas embargo impor minyak mentah Iran, kurang kooperatifnya Iran dalam memenuhi inspeksi fasilitas nuklir oleh Badan Energi Atom Internasional, dan provokasi kekuatan militer Iran di kawasan Selat Hormuz.

Selain itu, meningkatnya permintaan produk minyak khususnya jenis heating oil di kawasan Eropa akibat musim dingin yang ekstrem, serta gangguan pasokan gas dari Rusia juga menyebabkan meroketnya harga minyak dunia.

Penyebab lainnya adalah turunnya pasokan minyak mentah dari negara-negara non OPEC lebih rendah dari yang diperkirakan sebelumnya, serta adanya gangguan pasokan minyak mentah dari Sudan, Suriah, dan Yaman akibat konflik politik.

Untuk kawasan Asia Pasifik, peningkatan harga minyak mentah disebabkan oleh faktor tingginya permintaan minyak mentah jenis direct burning untuk pembangkit listrik di Jepang, akibat musim dingin yang berkepanjangan, dan membaiknya perekonomian China dengan adanya kebijakan moneter bank sentral China.

Berikut perkembangan harga rata-rata minyak mentah utama di pasar internasional pada Februari 2012 dibandingkan Januari 2012 sebagai berikut:
- WTI (Nymex) naik sebesar US$1,94 per barel dari US$100,32 per barel menjadi US$102,26 per barel.
- Brent (ICE) naik sebesar US$7,61 per barel dari US$111,45 per barel menjadi US$119,06 per barel.
- Tapis (Platts) naik sebesar US$7,42 per barel dari US$118,63 per barel menjadi US$126,05 per barel.
- Basket OPEC naik sebesar US$5,56 per barel dari US$111,76 per barel menjadi US$117,32 per barel.

(art)

Popular Posts