Bank Pelat Merah Peraih Laba Terbesar

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Senin, 12 Maret 2012

Bank Pelat Merah Peraih Laba Terbesar

VIVAnews - Seluruh bank milik pemerintah telah menyerahkan laporan kinerja keuangan perseroan selama tahun 2011. Hasilnya, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menempati posisi puncak sebagai peraih laba bersih terbesar dibandingkan tiga bank pelat merah lainnya.

Seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor perbankan ini juga mencetak kinerja memuaskan dengan rata-rata perolahan laba yang tumbuh di atas 5 persen.

Dari catatan VIVAnews, BRI mencetak laba bersih 2011 sebesar Rp15,08 triliun. Laba setelah taksiran pajak ini naik 31,47 persen dibandingkan periode 2010 yang mencapai Rp11,47 triliun.

Berada di posisi kedua adalah, gabungan bank-bank milik pemerintah, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang mencetak laba bersih Rp12,2 triliun. Laba itu naik 32,8 persen dibandingkan 2010 sebesar Rp12,2 triliun.

Sementara PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) dan PT Bank Tabungan Negara (BBTN) masing-masing meraup laba Sebesar Rp5,81 triliun dan Rp1,5 triliun. Kendati masih berupa laba sebelum pajak, BTN untuk pertama kalinya bisa menembus laba di level triliunan rupiah.

Melihat perolehan laba perbankan BUMN yang mengalami kenaikan cukup tajam, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Halim Alamsyah mengapresiasi kinerja tersebut.

"Kendati demikian, perbankan ini harus tetap meningkatkan efisiensi, jangan terlalu terlena dengan pencapaian laba yang tinggi," kata Halim di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin 12 Maret 2012

Halim menjelaskan, kedepan perbankan tetap diminta menurunkan biaya operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO) perusahaan. Hal ini pula yang akan menjadi fokus bank sentral di tanah air itu

"Penurunan BOPO  di perbankan dan efisiensi perbankan tetap akan menjadi fokus kami ke depan," lanjutnya

Terkait peroleh laba BRI yang mendominasi sepanjang tahun 2011, BI menilai bahwa bank milik pemerintah itu mempunyai keunggulan tersendiri di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Saya kira mereka punya, fokusnya di UMKM dan mikro, jadi mereka punya ukuran dan juga unggulan di sektor itu, mereka juga memiliki tenaga dan jaringan yang banyak di sektor itu," tegas Halim. (umi)

Popular Posts