Transfer Lewat Kliring Kini Lebih Cepat

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Sabtu, 25 Februari 2012

Transfer Lewat Kliring Kini Lebih Cepat

VIVAnews - Masyarakat kini dapat menikmati transfer rekening dengan menggunakan fasilitas kredit lebih cepat. Kini BI memproses penyelesaian kliring setiap 2 jam, sehingga dalam satu hari dana sudah bisa diterima.

Deputi Direktorat Akuntansi dan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, YF Sri Suparni mengatakan sistem kliring itu diberi nama 'siKilat' yaitu sistim kliring transfer antar bank dan penyesuaian dilakukan pada waktu tertentu. Sebelumnya transfer melalui Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) membutuhkan waktu dua hari, yaitu satu hari diproses di bank dan satu hari sampai ke nasabah.

"BI hanya mengenakan biaya Rp1.000 per transaksi kepada bank pengirim, sedangkan pengenaan biaya dari bank kepada nasabah ditetapkan oleh masing-masing bank," ujarnya di BI, Jumat, 24 Februari 2012.

Menurut Suparni, masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan SKNBI dapat mentransfer dana dengan jumlah maksimal Rp100 juta. Transaksi ini,dapat dilakukan di bank manapun di seluruh Indonesia. Namun untuk transaksi via ATM harus memilih bank yang sudah kerjasama dengan Switching Company di antara, ATM bersama, Rintis Sejahtera, Alto dan Prima.

Sistem online ini berlaku mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB, dengan penyelesaian tiap dua jam yaitu pukul 10.00 WIB, 12.00 WIB, 14.00 WIB, 16.00 WIB.

Berikut ini adalah cara untuk mentransfer dana melalui siKilat:

1 Pastikan transfer dana menggunakan kliring/LLG/SKNBI.

2. Pastikan penulisan data penerima secara benar, nama, alamat, nomer rekening tujuan, kota tujuan serta Bank penerima.

3. Pahami risikonya karena jika nasabah salah menulis data penerima, dana bisa diterima oleh orang lain.

4. Pastikan biaya yang dikenakan masih dalam tahap tahap wajar.

5. Pastikan melakukan konfirmasi pada penerima.

(umi)

Popular Posts