Lima Area Paling Diincar Pembeli Properti

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Selasa, 07 Februari 2012

Lima Area Paling Diincar Pembeli Properti

VIVAnews - Sedikitnya terdapat lima area yang paling diincar para pembeli properti selama akhir tahun lalu atau pada triwulan IV-2011.

"Peringkat teratas pada Oktober 2011. Area yang banyak diminati adalah Bekasi dengan jumlah pencarian mencapai 163.217. Sementara itu, jumlah listing (terdaftar) sebanyak 1.172," kata Sales Manager Rumah123.com, Medi H Papinka dalam media gathering di Grand Indonesia, Jakarta, Rabu 8 Februari 2012.

Medi menjelaskan, rasio antara ketersediaan jumlah pencarian terhadap jumlah listing rumah adalah satu banding 139. "Jadi, untuk satu listing rumah di area Bekasi diminati oleh 139 pencari properti," kata dia.

Untuk posisi kedua, dia melanjutkan, yang menjadi incaran para pemburu properti berada di kawasan Sunter, Jakarta Utara. "Dengan 57 pembeli per listing rumah," tutur Medi.

Disusul Bintaro, Tangerang, dengan 49 pembeli per satu listing rumah. Kemudian, Bumi Serpong Damai, 40 pembeli per satu listing rumah, dan Depok dengan 30 pembeli per satu listing rumah.

Sementara itu, pada November 2011, Medi mengatakan, tercatat daerah Bintaro menempati urutan pertama bagi pembeli rumah dengan jumlah pencarian mencapai 478.168 serta jumlah listing sebanyak 3.548. "Hasilnya, satu listing rumah Bintaro diminati oleh 135 konsumen," ujarnya.

Berada di posisi berikutnya adalah area Bekasi, Depok, Kelapa Gading, dan Bumi Serpong Damai.

Menurut Medi, terjadi pergeseran peringkat mengenai area yang banyak dicari oleh para pembeli. Kelapa Gading yang tidak termasuk lima besar pada Oktober 2011, masuk dalam jajaran top five pada November 2011.

"Dari data pencarian pada Oktober dan November 2011, dapat disimpulkan bahwa daerah sub urban adalah area yang banyak diincar dan mendominasi antara lain, Bekasi, Depok, dan BSD," tutur Medi.

Selanjutnya pada Desember 2011, Medi mengatakan bahwa tercatat area yang paling diincar oleh pencari properti adalah kawasan Pondok Indah, dengan jumlah pencarian mencapai 23.567 dengan 92 listing properti. "Perbandingan jumlah pencarian dibagi jumlah listing menghasilkan 256 pembeli per satu listing properti," ujarnya.

Area selanjutnya adalah Serpong, dengan 209 pembeli per satu listing properti, disusul Kebon Jeruk dengan 176 pembeli per satu listing, Tebet dengan 171 pembeli per satu listing properti, dan Bintaro dengan 165 pembeli per satu listing properti.

"Peningkatan di area pusat perkotaan menjadi sinyal positif bahwa jumlah permintaan terhadap tersedianya pasar properti kelas atas meningkat pesat," kata Medi. (art)

Popular Posts