Ciputra Siapkan Lahan Sendiri Bangun 6 Hotel

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Rabu, 29 Februari 2012

Ciputra Siapkan Lahan Sendiri Bangun 6 Hotel

Tiga lokasi pembangunan yang sudah siap adalah Bandung, Semarang, dan Yogjakarta. (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)

VIVAnews -PT Ciputra Property Tbk (CTRP) pada tahun ini akan membangun minimal enam dari 20-30 hotel murah yang rencananya dibangun hingga dua tahun mendatang. Tiga lokasi pembangunan yang sudah siap adalah Bandung, Semarang, dan Yogyakarta.

Direktur Ciputra Property Artadinata Djangkar, mengatakan bahwa lahan untuk membangun hotel murah tersebut adalah 100 persen milik perseroan. Tanah yang sudah siap itu di Jalan Pasirkaliki Bandung, Jalan Imam Bonjol Semarang, dan Jalan DR. Sangaji Yogyakarta.

"Satu hotel Rp10 miliar untuk tanah, Rp25 miliar untuk bangunan. Sehingga biayanya sekitar Rp35-40 miliar," kata Artadinata dalam konferensi pers kinerja keuangan Ciputra Property, di Ciputra World Marketing Gallery, Jakarta, Rabu 29 Februari 2012.

Dari tiga lokasi yang telah ada itu, Ciputra menargetkan akan mengakuisisi lahan lagi di tiga lokasi berikutnya sehingga pembangunan enam hotel itu akan dimulai tahun ini juga.

"Tiga lokasi lainnya akan di luar Jawa, di Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera. Sebab, kebutuhan hotel sudah dimana-mana," ujarnya.

Sementara itu, untuk lokasi di Bandung akan dilakukan pemasangan tiang pancang pada Juli-Agustus mendatang.

Pembangunan hotel murah tersebut, menurut Artadinata memerlukan luas tanah masing-masing antara 900-1.000 meter persegi dan luas bangunan sekitar 3.000 meter persegi.

"Hotel itu, nanti pasarnya untuk perjalanan bisnis yang tidak memerlukan hotel berbintang dan turis domestik karena potensinya tinggi," ungkapnya.

Fasilitas yang diberikan, kata Artadinata, di antaranya kenyamanan tempat tidur dengan manajemen yang baik. Namun, tidak akan disediakan kolam renang dan fasilitas mewah lainnya karena memang hotel ini diperuntukkan bagi kebutuhan yang mendasar. "Karenanya tidak memerlukan banyak biaya," ujarnya.

"Tarifnya antara Rp300-400 ribu, dibandingkan dengan hotel Ciputra di Grogol Rp800 ribu. Untuk operator, tidak diperlukan satu operator yang establish," ujarnya. (sj)

Popular Posts