Bukaka: Saat Ambruk, Pemeliharaan Belum Jalan

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Jumat, 10 Februari 2012

Bukaka: Saat Ambruk, Pemeliharaan Belum Jalan

VIVAnews - PT Bukaka Teknik Utama menyatakan bahwa proyek pemeliharaan Jembatan Mahakam 2 --dikenal sebagai Jembatan Kutai Kartanegara-- yang ambruk di Tenggarong, Kalimantan Timur, belum dilakukan. Para pekerja baru mengecek pengerjaan yang akan dilakukan.

"Memang tim kami sudah di sana, tetapi baru melakukan pengecekan," kata Direktur Utama Bukaka, Irsyal Kamaruddin kepada wartawan di kantornya, Cileungsi, Bogor, Selasa 29 November 2011.

Dalam kontrak yang dilakukan Bukaka dengan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kutai Kartanegara, perusahaan harus melakukan pengencangan baut dan penggantian bila ada yang rusak.

Kontrak dengan nilai Rp2,79 miliar itu juga mewajibkan Bukaka melakukan pemeliharaan selama periode 11 Oktober hingga 12 Desember 2011.

Mengenai pencopotan baut, dia mengatakan bahwa teknisi hanya mengambil counter nut sebagai contoh untuk model baru. "Itu saja kami hanya pinjam satu minggu. Kalau jembatan itu sehat, ini tak masalah. Sudah biasa dilakukan," katanya. "Jadi, bukan karena baut yang dicopot."

Irsyal juga mengatakan bahwa para pekerja baru memulai membuat "kantong monyet" yang akan digunakan teknisi untuk memeriksa baut di bawah jembatan.

Mengenai penutupan jalan, dia menuturkan, baru akan dilakukan saat perusahaan melakukan perawatan. "Ini saja tidak selama perawatan, hanya beberapa menit," kata Irsyal.

Teknisi belum ditemukan
Sementara itu, Irsyal mengatakan, hingga saat ini, enam teknisi Bukaka yang sedang memperbaiki jembatan belum ditemukan.

Saat itu, kata dia, Bukaka tengah mempekerjakan 11 orang. "Sebagian pekerja yang menjadi korban sudah di rumah sakit," tutur Irsyal. (art)

Popular Posts