Menteri ESDM: Premium Langka, Pakai Pertamax

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Sabtu, 31 Desember 2011

Menteri ESDM: Premium Langka, Pakai Pertamax

VIVAnews - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik mengimbau kepada masyarakat di daerah-daerah yang terjadi kelangkaan Premium untuk beralih ke Pertamax.

"Saya imbau, jika nggak ada Premium, pakailah Pertamax, mesin  juga menjadi lebih baik," kata Jero di Jakarta, Jumat 30 Desember 2011.

Jero menuturkan, memang akan ada lonjakan konsumsi Premium pada malam peralihan tahun baru, sehingga stok akan berkurang. Biasanya, konsumsi Premium naik pada 31 Desember 2011 dan akan turun lagi pada 1 Januari 2012, karena masyarakat memilih untuk beristirahat di rumah.

Namun, menurut dia, tingginya konsumsi Premium kemungkinan akan terjadi kelangkaan, khususnya di wilayah Indonesia timur.

Pertamina, kata Jero, telah menyiapkan jalur distribusi di seluruh Indonesia, namun karena cuaca buruk di wilayah Indonesia timur membuat gelombang tinggi dan kapal angkut Premium menjadi terhambat.

"Walaupun kami telah menyiapkan seoptimal mungkin, tapi ada saja SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) yang kurang Premium," ujarnya.

Mengenai over kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Premium dan Solar yang didistribusikan oleh Pertamina, menurut Jero, tidak perlu dikhawatirkan akan terjadi kelangkaan BBM subsidi. Menurut dia, Pertamina telah mengantisipasi dengan menambah stok Premium dan Solar sebanyak 1,5 juta kiloliter.

"Urusan tagihannya nanti nunggu SK dan berunding dahulu, tidak bisa sekarang," kata Jeo.

Over kuota ini, Jero melanjutkan, tidak bisa dihindarkan karena laju pertumbuhan motor dan mobil yang tinggi. Penjualan motor tahun ini tembus hingga di atas tujuh juta unit dan mobil di atas 800 ribu unit, sehingga konsumsi BBM dipastikan akan ikut tinggi. (art)

Kerja di rumah

Popular Posts