Kelas Menengah RI Pilih Produk Promosi

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Minggu, 11 Desember 2011

Kelas Menengah RI Pilih Produk Promosi

VIVAnews - Nielsen Indonesia mengungkapkan, kalangan kelas menengah Indonesia sebagian besar membelanjakan uang mereka untuk membeli barang-barang konsumsi yang bisa meningkatkan taraf hidup mereka.

Barang-barang yang menjadi incaran itu adalah barang elektronik hingga produk kecantikan dan kesehatan.

"Mereka cenderung mengombinasikan kenyamanan dan penawaran dari saluran ritel tradisional seperti pasar dengan harga hemat hingga keragaman produk yang ditawarkan pasar modern," kata Managing Director Consumer Nielsen Indonesia, Catherine Eddy, pada konferensi pers Nielsen, marketing and media presentation 2011, di Hotel Ritz Carlton, Kawasan Megakuningan, Jakarta, Kamis, 1 Desember 2011.

Dari penelusuran Nielsen, kalangan konsumen kelas menengah di Indonesia juga senantiasa membelanjakan uang mereka untuk membeli produk-produk segar. Untuk kebutuhan ini, kelas masyarakat yang tengah berkembang di Tanah Air ini mengalokasikan hampir 37 persen uang belanja mereka.

Produk-produk segar yang diincar itu antara lain es krim, mi, dan biskuit. Tiga produk konsumsi masyarakat ini mengalami peningkatan terbesar seiring berkembangnya inovasi.

Nielsen juga mengungkapkan tren belanja konsumen kelas menengah Indonesia saat ini adalah membeli produk yang memiliki nilai lebih. Selain itu, 88 persen kelas menengah Indonesia biasanya senang bereksperimen dengan merek-merek produk.

"Lebih dari setengah atau 53 persen berbelanja di channel modern sebanyak dua kali dalam sebulan," kata Catherine.

Kelas menengah Indonesia, dia melanjutkan, cenderung untuk mengunjungi minimarket yang lokasinya lebih dekat dengan tempat tinggal. Namun, dengan kegiatan promosi yang intensif, perilaku rutin masyarakat ini bisa cepat terpengaruh.

Nielsen menemukan, sebanyak 90 persen kelas menengah Indonesia berusaha mencari toko dengan promosi yang menarik. Mereka juga menginginkan toko dengan produk beragam, pelayanan yang ramah, dan lingkungan nyaman. (art)

Kerja di rumah

Popular Posts