Bayar Tol, Pengendara Tak Perlu Berhenti

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Rabu, 30 November 2011

Bayar Tol, Pengendara Tak Perlu Berhenti

VIVAnews - Kemacetan di jalan tol yang kerap kali disebabkan tumpukan mobil di loket pembayaran gerbang tol kemungkinan bakal berangsur menghilang. Hal ini tak terlepas dari kerja sama antara PT Bank Mandiri Tbk  dan PT Jasa Marga Tbk yang akan mengembangkan layanan transaksi pembayaran jalan tol tanpa menghentikan mobil, apalagi membuka kaca mobil.

Layanan transaksi nonstop menggunakan e-Toll Card ini rencananya akan diterapkan pertama kali di gerbang tol Cililitan, Jakarta dan Cengkareng, Tangerang.

“Kami berharap langkah ini dapat mendukung kelancaran transaksi pembayaran jalan tol, sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi tingkat kemacetan dan potensi kerugian yang terjadi akibat pembayaran tol secara manual,” kata Direktur Utama Bank Mandiri, Zulkifli Zaini, di Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu 30 November 2011.

Pada layanan transaksi nonstop ini, pengemudi nantinya tidak perlu menghentikan kendaraan untuk melakukan transaksi, tetapi cukup melintasi gerbang tol dengan kecepatan 10 kilometer per jam. Setelah terdengar bunyi "bip-bip' di perangkat on board unit (OBU) yang terpasang di kaca depan, palang pintu gardu tol akan langsung terbuka sebagai tanda transaksi pembayaran telah selesai dilakukan.

Pada peluncuran perdana ini, layanan e-Toll Card nonstop tersebut rencananya baru bisa diterapkan di Gardu Tol Otomatis (GTO) Cililitan dan Cengkareng. Tepatnya di gardu sebelah kiri dari dua gardu yang ada. "Ke depan akan terus dikembangkan ke seluruh gerbang tol pada 2012," ujarnya.

Dia melanjutkan, selain layanan ini, Bank Mandiri bersama Jasa Marga mulai Desember ini juga akan memperluas penggunaan kartu e-Toll ke sembilan ruas tol yang terdiri atas 118 gerbang atau 482 gardu tol.

Untuk ruas tol Jakarta-Cikampek dan Padaleunyi serta ruas tol Jagorawi, penggunaan e-Toll Card diharapkan bisa selesai paling lambat Januari 2012. "Untuk ruas tol di luar kota seperti ruas tol Palikanci, Surabaya, Semarang, dan Medan, implementasi e-Toll Card akan dilakukan pada pertengahan 2012," ungkap Direktur Utama Jasa Marga, Frans Sunito.

Bank Mandiri mengharapkan dengan peluncuran e-Toll Card nonstop ini, pihaknya bisa menambah jumlah pengguna kartu dengan kenaikan 144 persen. Sementara itu, kenaikan transaksi lewat kartu tersebut diharapkan meningkat 55 persen.

Hingga Oktober 2011, Bank Mandiri mencatat jumlah pengguna e-Toll Mandiri sudah mencapai 420 ribu kartu atau tumbuh 150 persen dibanding Oktober lalu. (art)

Kerja di rumah

Popular Posts