Kabar Baik Eropa, Saham Dunia "Menghijau"

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Kamis, 27 Oktober 2011

Kabar Baik Eropa, Saham Dunia "Menghijau"

VIVAnews - Kabar positif dari pertemuan pemimpin negara Eropa dan kalangan perbankan menghembuskan sentimen positif bagi bursa saham Eropa dan dunia. Bahkan, bursa saham Eropa ditutup menguat pada level tertinggi selama dua bulan terakhir.

"Walaupun detil kesepakatan belum disampaikan, penambahan dana talangan akan menciptakan benteng antara Yunani dan negara Eropa lainnya," kata Head of Research BNP Paribas Fortis Global Market di Brussels, Philippe Gijsels seperti dikutip reuters, Kamis, 27 Oktober 2011.

Gijsels menambahkan dengan kesepakatan pemotongan utang Yunani sebesar 50 persen, hal itu setidaknya telah menghilangkan setengah dari ketidakpastian ekonomi Eropa. "Membangun kepercayaan merupakan langkah penting dalam proses penyembuhan. Namun kami akan tetap memantau apakah upaya itu ada risikonya," kata dia.

Indeks FTSEurofirst 300 tercatat mengalami kenaikan 2,5 persen, dimana sektor perbankan Eropa SX7P naik 4,4 persen. Sementara imbal hasil surat utang Yunani untuk tenor 10 tahun merosot 15,3 poin menjadi 24,87 persen.

Pada bagian lain, indeks saham dunia mengacu pada MSCI All-Country World Index menunjukan kenaikan 1,7 persen, atau tertinggi sejak awal September lalu. 

Acuan bursa saham dunia itu mengalami kenaikan 10,6 persen pada bulan ini sekaligus mencetak rekor lebih dari dua tahun terakhir. Hal itu terjadi karena didukung harapan bahwa akan muncul kebijakan positif dari pertemuan pemimpin negara Eropa.

"Memang masih sangat prematur untuk mendeklarasikan bahwa krisis Eropa telah sepenuhnya selesai. Masih banyak upaya yang harus dilakukan terutama dalam hal konsolidasi fiskal," kata Credit Suisse Private Banking

Sementara itu dari dalam negeri, indeks harga saham gabungan (IHSG) juga mengalami kenaikan. Pada penutupan perdagangan hari ini, IHSG ditutup menguat 74,40 poin atau 1,98 persen ke level 3.813.

Sejumlah saham yang mengalami kenaikan harga saham pada hari sebanyak 236 saham, turun 34 saham, dan stagnan 61 saham. Sedangkan saham yang tidak mengalami transaksi sebanyak 203 saham.

Lonjakan tertinggi harga saham dialami PT Multi Bintang Indonesia sebesat Rp9.950 per lembar, diikuti Multibreeder Adirama Indonesia Tbk Rp1.600 per lembar, dan PT Indo Tambangraya Megah Tbk Rp1.450 per lembar. Sedangkan penurunan tertinggi terjadi pada saham Surya Toto Indonesia Tbk Rp900 per lembar, PT Goodyear Indonesia Tbk Rp500 per lembar, dan PT Ace Hardware Indonesia Tbk Rp125 per lembar

Bursa regional pada perdagangan hari ini juga menunjukan kinerja positif. Indeks Hang Seng Hong Kong menguat 622,16 point atau 3,26 persen, Nikkei 225 Jepang naik 178,07 poin (2,04 persen), dan Strait Times Singapura naik 77,63 poin atau 2,80 persen.

Popular Posts