SBY: IHSG Turun Tak Perlu Khawatir

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Selasa, 30 Agustus 2011

SBY: IHSG Turun Tak Perlu Khawatir

VIVAnews - Indeks harga saham gabungan (IHSG) merosot ketika terjadi gejolak ekonomi di belahan Eropa, Amerika, dan Asia.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menuturkan, hal tersebut perlu dicermati secara jeli. "Satu-satunya hal yang perlu dicermati adalah turunnya IHSG kita yang relatif tajam," kata SBY, di Kantor Presiden, Senin 8 Agustus 2011

Meski demikian, kata dia, tajamnya penurunan IHSG tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Sebab, penurunan IHSG tersebut, juga terjadi di Amerika Serikat, Eropa, dan Asia. "Ini terjadi secara global," tuturnya.

SBY meyakini, meski terjadi pergolakan ekonomi di Eropa dan menurunnya IHSG, pemahaman ekonomi kita dalam keadaan baik. "Tidak perlu ada kepanikan, kecemasan apapun, sistem harus bekerja," ujarnya.

Lebih lanjut, presiden menegaskan bahwa ekonomi Indonesia saat ini dalam kondisi baik. "Dengan rasa syukur, saya ucapkan ekonomi kita lebih baik dari tahun 2008," kata dia.

Demikian pula, SBY menambahkan, bila dibandingkan dengan krisis pada tahun 1998-1999. "Makro ekonomi baik, sektor riil terjaga, dan sejumlah fundamental ekonomi membaik," ujarnya.

Dia mencontohkan, di berbagai negara maju dan perekonomiannya kuat, seperti Amerika Serikat dan Eropa, kebijakan fiskal dan makro sangat penting. "Terbukti sekuat apapun ekonomi negara, kalau defisit yang dialaminya sangat tinggi, rasio utang juga sangat tinggi," tutur SBY. (eh)

Kerja di rumah

Popular Posts