Lagarde Terpilih Jadi Direktur Eksekutif IMF

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Rabu, 29 Juni 2011

Lagarde Terpilih Jadi Direktur Eksekutif IMF

VIVAnews- Dewan Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) akhirnya memilih Christine Lagarde sebagai Managing Director (Direktur Pelaksana) IMF mengalahkan Agustin Cartens. Pengganti Dominique Strauss-Kahn ini menjadi wanita pertama menduduki jabatan kepala IMF sejak lembaga ini dibentuk pada 1944.

Berdasarkan keterangan pers IMF, Pemilihan Lagarde dilakukan oleh 24 anggota Dewan Eksekutif yang mewakili 187 negara anggota IMF, melalui proses seleksi yang diprakarsai Dewan Eksekutif pada 20 Mei 2011.

Berdasarkan prosedur yang disepakati, Dewan setuju untuk bertemu dengan Agustin Cartens dan Lagarde untuk posisi itu. Para kandidat bertemu secara bilateral dengan Direktur Eksekutif dan Dewan Eksekutif selama 20-23 Juni 2011. Dalam pertemuan ini, Cartstens dan Lagarde mendapat kesempatan untuk menyajikan semua informasi yang relevan terkait pencalonannya itu.

Dewan Eksekutif sepakat keduanya memenuhi syarat, dan harus dipilih salah satu secara konsensus. Berdasarkan profil kandidat dan mempertimbangkan informasi, akhirnya terpilih Lagarde. Dewan Eksekutif berharap Lagarde efektif memimpin IMF sebagai Direktur Pelaksana berikutnya.

Managing Director adalah kepala IMF yang memimpin staf dan Ketua Dewan Eksekutif. Jabatan ini dibantu tiga Deputi Managing Director yang mengoperasikan dana, melayani 187 negara anggota dengan 2.700 staf lebih di 140 negara.

Lagarde, 55 tahun, adalah Menteri Keuangan Prancis sejak 2007. Sebelumnya ia menjabat sebagai Menteri Perdagangan Luar Negeri selama 2 tahun. Lagarde juga memiliki karir di firma hukum Baker & McKenzie. Untuk melihat profile lengkapnya, klik tautan ini.

Kerja di rumah

Popular Posts