Ini Saham Pilihan Akhir Pekan

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Kamis, 28 April 2011

Ini Saham Pilihan Akhir Pekan

VIVAnews - Transaksi saham di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Jumat 29 April 2011 diprediksi tetap ramai. Selain indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan menembus level tertinggi baru, aksi korporasi dan dirilisnya laporan keuangan kuartal I-2011 bakal menjadi sentimen positif.

"Jadi, meski hari ini akhir pekan, di mana orang lebih memilih melakukan aksi take profit (ambil untung), sejumlah saham unggulan tetap ramai dibeli investor," kata Willy Sanjaya, pengamat pasar modal PT Lautan Dana Securities saat dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, Jumat.

Menurut Willy, saham unggulan tersebut di antaranya saham-saham Grup Bakrie seperti PT Bumi Resources Tbk (BUMI), PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG), dan PT Darma Henwa Tbk (DEWA). "Terutama, terkait rencana Vallar Plc yang berniat menambah kepemilikan di BUMI hingga 51 persen, yang akan berpengaruh positif ke saham di grupnya," ujarnya.

Selain saham Grup Bakrie, kata dia, saham yang juga masih menarik untuk diburu pada perdagangan hari ini di antaranya PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) yang memiliki rencana ekspansi besar tahun ini, setelah menjual anak usahnya PT Sorini Agro Asia Corporindo Tbk. "Tentunya, perseroan dapat dana besar untuk merealisasikan ekspansinya," tutur Willy.

Willy memperkirakan, IHSG akan melaju ke level tertinggi baru di 3.850. Sebab, selain ramainya transaksi pembelian saham unggulan, sentimen positif laju inflasi yang terkendali, cadangan devisa yang kuat, dan kepercayaan asing terhadap Indonesia yang terus meningkat menjadi alasan menguatnya indeks.

Analis PT Valbury Asia Securities, Robin Setiawan juga berpendapat, IHSG di akhir pekan ini berpeluang mencatatkan rekor baru di kisaran 3.850-4.000. Sebab, pelaku pasar akan memanfaatkan momentum pengumuman data inflasi April yang diprediksi kembali terjadi deflasi untuk memburu sejumlah saham. "Dirilisnya laporan keuangan kuartal I-2011 turut menjadi pemicunya," kata dia.

Dia menyarankan, sebaiknya investor memanfaatkan momentum dirilisnya laporan keuangan untuk membeli saham seperti PT Pabrik Kertas Twiji Kimia Tbk (TKIM), PT Berlian Laju Tanker Tbk (BLTA), PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN), dan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) yang setiap tahun mengalami peningkatan kinerja signifikan.

Sementara itu, berdasarkan data BEI Kamis 28 April 2011, IHSG ditutup berhasil menguat 3,99 poin atau 0,10 persen ke level 3.808,93 dari perdagangan hari sebelumnya yang terangkat 30,06 poin (0,79 persen) di posisi 3.804,93. (eh)

Kerja di rumah

Popular Posts