Ini Produk Merek Terkenal dengan Diskon Besar
VIVAnews - Omzet penjualan sejumlah produk merek ternama meningkat seiring semarak pesta diskon menyambut tahun baru 2011. Beberapa pengelola gerai produk merek terkenal yang memberikan program diskon mengaku omzet penjualan mereka meningkat hingga 30 persen.
Seperti produk merek NEXT yang memiliki program Sale End of Season hingga 50 persen yang berlangsung sejak 16 Desember 2010-17 Januari 2011.
Staf penjualan di gerai NEXT, Plasa Senayan, Fitroh, mengatakan, dengan program diskon ini jumlah pengunjung meningkat. Apalagi, saat akhir pekan, potongan harga dapat meningkat hingga 50 persen. "Ya, otomatis omzet penjualan juga meningkat," kata Fitroh kepada VIVAnews.com di Jakarta, Jumat 31 Desember 2010.
Meski enggan mengungkapkan berapa persen peningkatannya, ia menjelaskan, produk perlengkapan pria seperti kemeja, polo shirt, dan sepatu kulit untuk kerja paling banyak diminati pembeli. Disusul oleh pakaian anak dan selanjutnya pakaian perempuan.
Barang NEXT yang didiskon antara lain:
1. Sepatu kulit pria untuk kerja pria (diskon 50 persen dari Rp1.399.000 menjadi Rp699.500).
2. Sepatu kasual pria (diskon 40 persen dari Rp499.000 menjadi Rp299.400).
3. Baju perempuan untuk model tertentu (diskon 50 persen dari harga Rp359.000 menjadi Rp 179.000).
4. Blazer kerja perempuan (diskon 40 persen dari Rp799.000 menjadi Rp539.400).
5. Berbagai baju anak model tertentu (diskon 30 persen dari Rp219.000 menjadi Rp 153.300).
Sementara itu, gerai Lacoste juga memberikan diskon hingga 50 persen mulai 16 Desember 2010-5 Januari 2011.
Produk Lacoste yang didiskon antara lain:
1. Polo shirt pria (diskon 50 persen dari Rp989.000 menjadi Rp499.500).
2. Sweater pria (diskon 50 persen dari Rp1.799.000 menjadi Rp899.500).
"Kaos polo shirt ini paling diminati pembeli, karena pilihan warnanya banyak," kata Ade, kasir gerai Lacoste.
Ade menambahkan, program diskon akhir tahun ini meningkatkan jumlah pengunjung hingga 50 persen dibanding sebelum diskon. "Kalau omzet penjualan dengan program diskon ini meningkat sekitar 25-30 persen. Biasanya di bawah Rp50 juta. Setelah program diskon ini bisa di atas Rp50 juta per hari," ujar Ade.
Sementara itu, gerai Marks and Spencer memberikan diskon hingga 70 persen pada item tertentu. Pengelola gerai Marks and Spencer mengakui program diskon membuat omzet penjualan meningkat. Namun, mereka enggan menyebut berapa persen peningkatannya secara rinci.
"Jumlah pembeli meningkat 50 persen, otomatis omzet penjualan juga meningkat," kata Nunik, supervisor Marks and Spencer Plasa Senayan.
Produk Marks and Spencer yang mendapat potongan harga:
1. Koleksi jas pria (diskon dari Rp3.449.000 menjadi Rp1.759.000).
2. Celana kerja pria (diskon Rp499.000 menjadi Rp259.000).
3. Paket kaos pria (jika membeli satu potong Rp149.000, tiga potong Rp 350.000).
Untuk gerai Planet Sport dan Sport Station yang menjual perlengkapan olah raga, diskon yang diberikan hingga 70 persen. Potongan harga sangat besar ini juga memicu peningkatan penjualan.
"Pembeli naik sebesar 20-30 persen, sedangkan omzet penjualan naik 15 persen," kata Dede, supervisor Planet Sport, Plasa Senayan, Jakarta.
Menurut dia, produk yang paling diminati adalah sepatu olah raga. Namun, tidak sedikit pembeli yang kecewa karena barang yang terdiskon 70 persen telah habis terjual atau ukurannya tidak sesuai. "Ini yang membuat pembeli kecewa dan terkadang tidak jadi membeli," katanya. (umi)