Kapitalisasi Bursa RI Bisa Kalahkan Malaysia

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Minggu, 18 Maret 2012

Kapitalisasi Bursa RI Bisa Kalahkan Malaysia

VIVAnews - PT Bursa Efek Indonesia optimistis nilai kapitalisasi pasar saham di Bursa Efek Indonesia dapat mengalahkan Malaysia pada akhir 2011. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar saham di bursa Indonesia mencapai Rp3.500 triliun atau sekitar US$380 miliar.

"September kami menang dari Malaysia, tetapi November lalu kalah lagi, meskipun jaraknya tipis. Mudah-mudahan akhir tahun ini bisa kalahkan Malaysia," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Eddy Sugito, di sela Media Workshop, di Cisarua, Puncak, Jawa Barat, Jumat 9 Desember 2011.

Bahkan, Eddy melanjutkan, pada 2015, BEI optimistis nilai kapitalisasi pasar saham di bursa Indonesia dapat mengalahkan Singapura. Hal itu diyakini BEI karena pertumbuhan Indonesia dalam 10 tahun terakhir lebih tinggi dari Singapura.

"Kami punya asumsi dalam 10 tahun, growth kita 30 persen per tahun, sehingga pada 2015 harusnya bisa," ungkapnya.

Posisi nilai kapitalisasi pasar saham di kawasan ASEAN, Eddy melanjutkan, saat ini dipimpin Singapura yang mencapai US$477 miliar, disusul Malaysia dengan US$387 miliar, dan selanjutnya Indonesia sebesar US$380 miliar. Posisi berikutnya Thailand mencapai US$262 miliar dan Filipina sebesar US$152 miliar.

Sementara itu, Eddy juga menargetkan pada 2015 jumlah perusahaan yang mencatatkan sahamnya di bursa mencapai 550 emiten, jika setiap tahun minimal terdapat minimal 25 emiten yang listing.

"Makanya, nanti kami bisa mencapai nilai kapitalisasi pasar US$750 miliar dan bisa jadi leading exchange di ASEAN," kata dia. (art)

Popular Posts