JK Rowling: Dari Miliarder ke Jutawan

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Minggu, 11 Maret 2012

JK Rowling: Dari Miliarder ke Jutawan

VIVAnews - Setelah menjadi salah satu wanita terkaya pada 2011, kekayaan JK Rowling menyusut dan tak lagi menjadi miliarder. Penulis buku Harry Potter itu kini memiliki kekayaan kurang dari 640 juta poundsterling atau US$1 miliar di bank.

Menurut harian The Telegraph, yang mengutip daftar tahunan orang terkaya di dunia versi majalah Forbes, kekayaan Rowling menurun karena hasil pemberian amalnya, yang membawa penurunan signifikan dalam rekeningnya. Hal itu ditambah dengan beban pajak yang dikenakan kepada orang kaya di Inggris.

Menurut data Forbes, kekayaan Rowling tahun lalu senilai US$1 miliar, yang diperoleh sebagian besar dari buku-bukunya dan franchise film Harry Potter.

Forbes menjelaskan informasi penurunan kekayaan yang diperkirakan menjadi US$160 juta dalam pemberian amal yang juga dikombinasikan dengan pajak orang kaya Inggris.

Meski daya beli menurun, namun tak membuat kekayaan para miliarder dunia turun. Total kekayaan miliarder naik ke rekor US$4,6 triliun meski terdapat dampak krisis ekonomi dunia. Untuk Inggris sendiri, diantaranya 37 miliarder Inggris yang naik lima tahun sejak tahun lalu, yang dipimpin the Duke of Westminster senilai US$11 miliar.

Sementara daftar orang paling kaya di dunia dalam tiga tahun berturut-turut ditempati oleh Carlos Slim Helu dari Meksiko, meski kekayaannya menurun dari US$74 miliar menjadi US$69 miliar. Ia diikuti oleh pemilik Microsoft Bill Gates sebesar US$61 miliar dan investor Warren Buffet dengan kekayaan US$44 miliar. (ren)

Popular Posts