Jatah BBM Subsidi Habis Pekan Ketiga Desember

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Sabtu, 17 Maret 2012

Jatah BBM Subsidi Habis Pekan Ketiga Desember

VIVAnews - Berdasarkan perkiraan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada tahun ini kemungkinan akan habis pada pekan ketiga Desember 2011. Untuk itu,  pemerintah akan mengajukan tambahan kuota BBM subsidi sebanyak 1 juta kiloliter.

"Kalau dengan kuota sekarang, kelihatannya akan habis di minggu ketiga Desember," kata Dirjen Migas, Evita Legowo di Jakarta, Rabu 7 Desember 2011.

Menurut Evita, dalam waktu dekat, Kementerian ESDM akan berkonsultasi dengan Komisi VII DPR RI untuk meminta tambahan kuota BBM subsidi sebelum pekan ketiga Desember. Hal ini dilakukan agar distribusi BBM subsidi tetap lancar.

"Kami mungkin hanya konsultasi ke DPR, tidak rapat kerja karena dalam APBN-P itu dimungkinkan," katanya.

Ia mengatakan, kemungkinan Kementerian ESDM akan meminta tambahan kuota sebanyak 500 ribu hingga 1 juta kiloliter. Mengenai sikap Kementerian Keuangan yang tidak mau menanggung over kuota BBM subsidi, Evita menilai hal itu akan dibicarakan lebih lanjut.

Sebelumnya, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dan PT Pertamina akan melakukan pengetatan distribusi bahan bakar minyak (BBM) subsidi seiring dengan terus menipisnya kuota dan dikhawatirkan akan habis sebelum akhir 2011.

Kepala BPH Migas, Tubagus Haryono, menjelaskan, saat ini kebutuhan masyarakat terhadap BBM subsidi cukup tinggi, sehingga BPH Migas dan Pertamina berupaya keras melakukan pengaturan agar over kuota tidak terlampau tinggi. (art)

Popular Posts