Bursa Saham Eropa Ikut Melemah

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Selasa, 06 Maret 2012

Bursa Saham Eropa Ikut Melemah

VIVAnews - Bursa saham di beberapa negara Eropa diperkirakan dibuka melemah pada pembukaan perdagangan hari ini. Pelemahan terjadi seiring turunnya indeks bursa saham di Asia dan Amerika Serikat.

Para pelaku bisnis kini makin meningkatkan kewaspadaan pada perkembangan resesi ekonomi Eropa yang makin meningkat dan perlambatan kebutuhan sumber daya alam China yang membuat reli bursa saham terhenti sejak 2,5 bulan terakhir.

Seperti dikutip dari laman Reuters.com, Selasa, 6 Maret 2012, hingga pukul 07.23 GMT, indeks bursa saham STOXX50, DAX Jerman, dan CAC Prancis melemah 0,2 hingga 0,4 persen.

Indeks Euro STOXX 50 sepanjang tahun ini telah mencetak kenaikan 9,2 persen. Pemicunya, keputusan Bank Sentral Eropa yang bakal menyediakan pendanaan jangka panjang. Namun, indeks bursa saham kembali tertekan akhir pekan lalu setelah para pemodal kembali mengarahkan perhatian pada outlook ekonomi Eropa yang semakin mengkhawatirkan.

Kisruh utang Yunani masih menjadi perhatian investor pada hari ini setelah pemegang surat utang besar Yunani sepakat untuk mendukung langkah pengurangan nilai surat utang sebesar 100 miliar euro (US$132 miliar) dari sektor swasta.

Para kreditor yang umumnya berasal dari perusahaan perbankan, asuransi, dan lembaga investasi dinilai harus kembali memperhatikan kondisi perdagangan hari ini.

Dari Asia, indeks bursa saham Hong Kong dan China daratan melemah setelah pemodal mengambil untung dari penguatan sejumlah saham yang memimpin pergerakan indeks sepanjang awal tahun ini.

Para investor juga khawatir dengan kemungkinan penurunan harga saham yang mengarah pada diskon besar-besaran.

Indeks Hang Seng, di bursa Hong Kong, hari ini ditutup turun 1,5 persen ke level 20.944,5. Sementara itu, indeks Shanghai Composite Indeks juga ditutup melemah 1,1 persen ke level 2.417,3.

Penurunan indeks juga terjadi di bursa saham Jepang. Indeks Nikkei ditutup turun 0,6 persen menjadi 9.637,63. Sama seperti China, para pemodal umumnya melakukan asi ambil untung pada saham-saham blue chips. (art)

Popular Posts