Bunga LPS Turun, Bunga Deposito Harus Turun

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Senin, 12 Maret 2012

Bunga LPS Turun, Bunga Deposito Harus Turun

VIVAnews- Bank Indonesia akan mendorong perbankan untuk menurunkan suku bunga depositonya, seiring penurunan bunga penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menjadi 5,5 persen untuk simpanan di Bank Umum.

Gubernur BI Darmin Nasution mengatakan bahwa BI akan fokus terhadap rencana bisnis bank (RBB) pada 15 bank besar. Dalam pembahasan RBB itu, BI mendorong bank untuk menurunkan suku bunga deposito.

"RBB itu berdasarkan semua rencana yang mereka buat dan hasil analisis kami. Namun demikian masih banyak hal yang harus dibenahi," kata Darmin di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin 12 Maret 2012.

Darmin mengatakan dalam RBB tersebut Bank Indonesia mendorong perbankan, untuk menurunkan suku bunga deposito, hal ini sejalan dengan penurunan LPS Rate sebesar 50 bps minggu lalu.

"Kami berupaya supaya tingkat suku bunga deposito itu berangsur turun mengikuti LPS rate yang sudah turun," ujarnya.

Darmin menjelaskan, harusnya bunga deposito lebih rendah dibandingkan dengan instrumen lain, mengingat instrumen itu memiliki tingkat resikonya jauh lebih tinggi. Bunga deposito perbankan di Indonesia masih mahal jika dibanding dengan tingkat bunga di negara sekitar. "Seharusnya yang lebih mahal adalah surat berharga, instrumen lain karena bagaimanapun juga itu resikonya lebih tinggi," ujarnya Darmin.

Kendati demikian, Darmin menyadari pihaknya tidak bisa serta merta memaksa perbankan mau menurunkan suku bunga depositonya. Terutama bagi pemilik dana besar yang terbiasa menikmati bunga deposito jauh di bawah inflasi.

"Ini semua perlu proses kita tidak bisa membuat itu berubah tiba-tiba, harus meyakinkan masyarakat, industri perbankan, pemilik dana yang besar-besar itu yang sudah menikmati begitu lama bunga deposito jauh di atas inflasi," ujarnya.

Sementara itu Deputi Gubernur BI Muliaman Hadad menambahkan penurunan suku bunga LPS itu tidak akan membuaT nasabah mengalihkan investasinya ke instrumen lain secara besar-besaran. Penurunan suku bunga ini tidak mengganggu likuiditas perbankan ke depan.

Popular Posts