BEI Finalisasi Penambahan Jam Perdagangan

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Jumat, 09 Maret 2012

BEI Finalisasi Penambahan Jam Perdagangan

VIVAnews - PT Bursa Efek Indonesia tengah memfinalisasi aturan mengenai penambahan jam perdagangan saham. Saat ini, draf aturan sudah disampaikan kepada dewan komisaris BEI.

"Mudah-mudahan pekan ini selesai, jadi bisa diajukan ke Bapepam," kata Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa, Wan Wei Yiong, ketika ditemui VIVAnews di ruang kerjanya, Jakarta.

Yiong menjelaskan, dalam draf tersebut diusulkan jam perdagangan dimajukan menjadi pukul 09.00 WIB dari sebelumnya 09.30 WIB. Sementara itu, pre opening dimulai pukul 08.45 WIB hingga 08.55 WIB. Namun, waktu penutupan perdagangan sesi pertama dan kedua tidak berubah. "Hanya saja kami menambah beberapa fitur," tuturnya.

Beberapa fitur yang ditambahkan itu di antaranya pre closing dan post trading. Pre closing yang dimulai pukul 15.50 WIB selama 10 menit itu untuk meminimalisasi kemungkinan terjadi pembentukan harga semu menjelang penutupan perdagangan atau marking the close.

Sementara itu, setelah penutupan perdagangan pukul 16.00 WIB, BEI menambah lagi jam perdagangan pada masa post trading. Jam perdagangan pada post trading yang dimulai pukul 16.05 WIB hingga 16.15 WIB itu dimaksudkan untuk memberi kesempatan investor menambah atau mengurangi portofolio efek pada transaksinya. "Pada post trading ini, transaksi dilakukan pada harga penutupan hari itu," ujarnya.

Yiong berharap, penambahan jam perdagangan saham dapat terealisasi pada semester I-2012. Penambahan waktu yang sekaligus memajukan jam perdagangan saham itu untuk mendekatkan waktu transaksi di beberapa bursa negara lainnya, seperti Singapura.

Untuk penyesuaian itu, pelaporan nilai modal kerja bersih disesuaikan (MKBD) perusahaan efek juga sudah dimajukan menjadi pukul 08.30 WIB.

Sementara itu, Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) menyatakan belum memastikan pemberlakuan jam perdagangan saham yang baru tersebut.

"Ini masih dalam proses, jadi nanti akan kami lihat. Itu memang sesuatu yang positif, kalau semua sudah siap, kami akan lakukan," kata Ketua Bapepam-LK, Nurhaida, di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis 8 Maret 2012.

Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI, Uriep Budhi Prasetyo, mengatakan, sistem terkait penambahan jam perdagangan tersebut masih terus diuji coba. BEI bersama pelaku pasar masih berdiskusi terkait pembaharuan jam perdagangan tersebut.

"Kami masih terus lakukan rule making rule. Setelah itu ada sosialisasi. Perubahan jam perdagangan belum pasti April," kata Uriep.

Popular Posts