Armida: Widjojo Perhatian Kepada Mahasiswa

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Jumat, 09 Maret 2012

Armida: Widjojo Perhatian Kepada Mahasiswa

VIVAnews - Menteri Negara PPN/Kepala Bappenas, Armida Alisjahbana menilai Profesor Widjojo Nitisastro sebagai sosok yang perhatian terhadap mahasiswa. Hal yang sangat diingat Armida adalah Widjojo sudah memperingatkan krisis ekonomi Indonesia yang akan menimpa Indonesia pada 1997 lalu.

Armida menuturkan pertama kali mengenal Widjojo saat Ia masih menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1983 lalu. Waktu itu Widjojo baru selesai menjabat sebagai Menteri Koordinator Ekuin dan mulai aktif kembali mengajar di UI.

Walaupun tidak pernah diajar langsung oleh Widjojo, Armida menilai Widjojo sebagai sosk yang perhatian kepada para mahasiswanya. Widjojo rajin mengirimkan fotokopi artikel-artikel yang dimasukan ke dalam amplop coklat dan diberikan kepada beberapa mahasiswa tertentu.

"Saya salah satunya yang diberikan beliau. Artinya, beliau sangat memperhatikan generasi-generasi berikutnya," kata Armida saat ditemui wartawan di Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Jumat 9 Maret 2012.

Pada Maret 1997 lalu, Armida pernah meminta secara khusus untuk bertemu dengan Widjojo untuk mendiskusikan perkembangan ekonomi dunia. Dalam diskusi tersebut, Widjojo sudah memperingatkan Indonesia akan krisis ekonomi yang menyerang Asia Tenggara dan Indonesia.

"Beliau sudah kasih warning krisis ekonomi satu bulan sebelum terjadi krisis ekonomi. Krisis Ekonomi Asia Tenggara itu kan baru dimulai April di Thailand," katanya.

Dalam pertemuan itu juga, lanjut Armida, beliau berpesan kepada Armida untuk terus memikirkan generasi penerus bangsa. "Beliau menitipkan betul tolong tetap mendidik dan mencari kesempatan untuk terus sekolah di luar negeri, terutama dosen-dosen ntuk bisa ke luar negeri," paparnya.

Terakhir Ia bertemu dengan Widjojo adalah pada Januari 2010 lalu saat peluncuran buku Widjojo. "Tidak lama setelah itu beliau langsung sakit selama dua tahun," tuturnya.

Jenazah Widjojo saat ini disemayamkan di kantor Bappenas. Tampak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga turut hadir. SBY dan istrinya, Ani Yudhoyono datang ke kantor Bappenas pada pukul 13.20 WIB. Ia disambut oleh Emil Salim beserta keluarga besar Widjojo. (adi)

Popular Posts