Rencana Mega Proyek Jembatan Terus Berjalan

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Minggu, 05 Februari 2012

Rencana Mega Proyek Jembatan Terus Berjalan

VIVAnews - Ambruknya jembatan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur tidak menggoyahkan rencana pemerintah membangun jembatan lain. Bahkan pemerintah menjadikan pembangunan jembatan sebagai kegiatan rutin.

Kini pemerintah tengah mengkaji pembangunan Jembatan Selat Sunda yang menghubungkan pulau Jawa dan Sumatera.

Selain itu, wacana pembangunan jembatan Selat Malaka yang menghubungkan Indonesia dan Malaysia juga pernah muncul ke permukaan.

"Kecelakaan jembatan itu lain lagi, bukan kita tidak boleh bikin jembatan lagi. Orang makan saja bisa keselek (tersedak) kok, bukan berarti kita berhenti makan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa di kantornya, Jakarta, Senin, 28 November 2011.

Hatta optimistis, ambruknya jembatan Kutai Kartanegara tidak akan membuat perekonomian di wilayah setempat menjadi terhenti. Penyebabnya, Kaltim saat ini masih memiliki jembatan lain yaitu Jembatan Mahakam I.

Pemerintah menyatakan runtuhnya jembatan Kutai Kartanegara memberikan pelajaran untuk meningkatkan kewaspadaan dan proses pemeriksaan. 

Sesuai dengan instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, lanjut Hatta, aparat diminta melakukan investigasi terkait musibah tersebut. Selain itu, presiden meminta agar dilakukan pengecekan secara teknis serta proses perawatan jembatan harus dilakukan.

Saat disinggung mengenai penyebab kecelakaan, Hatta mengaku Kementerian Pekerjaan Umum saat ini masih menyelidiki musibah tersebut. Namun dia memastikan bahwa penyebab ambruknya jembatan Kutai Kartanegara bukan disebabkan tabrakan kapal pengangkut batubara.

"Saya tidak mau berspekulasi penyebabnya apa karena belum punya data yang jelas. Saya sudah menanyakan pada menteri PU dan mengatakan masih dalam penyelidikan," ujar Hatta. (umi)

Popular Posts