Peringkat Utang Bank Besar Dunia Turun

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Minggu, 05 Februari 2012

Peringkat Utang Bank Besar Dunia Turun

VIVAnews - Lembaga pemeringkat internasional, Standard and Poor's (S&P) menurunkan peringkat surat utang dari 37 institusi keuangan terbesar di dunia. Keputusan diambil setelah S&P menerapkan kriteria baru.

Seperti dikutip dari laman money.cnn.com, Rabu, 30 November 2011, di antara institusi keuangan besar yang harus turun peringkat terdapat nama-nama seperti Bank of America, Citigroup, Goldman Sachs, Morgan Stanley, Wells Fargo, dan JP Morgan.

Peringkat Bank of America, Citigroup, Goldman Sachs, dan Morgan Stanley turun satu peringkat menjadi A minus dari sebelumnya A. S&P memberikan outlook negatif untuk institusi keuangan tersebut.

Outlook yang sama diberikan kepada Wells Fargo yang mengalami penurunan peringkat satu level menjadi A plus. Nasib lebih baik dialami JP Morgan Chase yang memilik outlook stabil kendati mengalami penurunan peringkat ke level A dari sebelumnya A plus.

Di samping bank-bank besar asal Amerika Serikat itu, S&P juga menurunkan peringkat surat utang Barclays, HSBC, dan UBS.

Dalam kriteria barunya, S&P menerapkan metodologi baru dengan mengevaluasi nilai kredit berdasarkan risiko ekonomi dan industri, kekuatan dan kelemahan bank, serta dukungan eksternal dari pemerintah atau kelompok usaha.

"Bank AS lebih sehat daripada apa yang dinilai warga AS. Namun, perbankan adalah bisnis kepercayaan dan penurunan peringkat bisa dianggap sebagai serangan bagi mereka," ujar Chief Investment Officer Harris Private Bank, Jack Ablin. (art)

Kerja di rumah

Popular Posts