Menkeu: Wajar, Investor Asing Lepas SUN

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Selasa, 21 Februari 2012

Menkeu: Wajar, Investor Asing Lepas SUN

VIVAnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan peningkatan status peringkat surat utang Indonesia ke tingkat layak investasi (investment grade) akan membuat mengubah komposisi investasi di sisi portofolio asing.

Belajar dari pengalaman, pemerintah menganggap perubahan komposisi investasi adalah sesuatu yang normal.

Hal itu diungkapkan Agus Martowardojo menanggapi penurunan kepemilikan asing dalam surat utang. Para investor diperkirakan mulai mengalihkan lokasi investasi pada negara lain di Asia.

"Mungkin ada investor yang perlu readjustment dari portofolionya," ujar Agus saat ditemui di komplek gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin 20 Februari 2012.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan, kepemilikan asing pada surat utang negara sejak 10-17 Februari 2012 menurun. Pada 10 Februari, kepemilikan asing mencapai Rp235,66 triliun, namun kini menyusut menjadi Rp232,36 triliun atau turun sebesar Rp2,3 triliun pada 17 Februari 2012.

Agus menjelaskan, penurunan kepemilikan asing ini merupakan masa transisi bagi Indonesia. Alasannya, banyak investor jangka pendek yang berorientasi pada imbal hasil tinggi, tidak lagi dapat menikmati untung dari negara dengan peringkat investment grade.

"Nah, setelah Indonesia mendapatkan investment grade, tentu kan membuat ada koreksi tentang risiko serta pricing," jelasnya.

Dengan kondisi ini, Kementerian Keuangan mengimbau agar Indonesia perlu menjaga kondisi perekonomian tetap positif. Langkah ini dibutuhkan agar para investor kembali melirik Indonesia menjadi negara tujuan investasi khususnya jangka pendek.

"Jadi, investor portofolio pada saat masuk lagi, mereka akan menyadari bahwa ada kesempatan yang hilang," tuturnya. (art)

Popular Posts