Karawang, Bandara Pengganti Soekarno-Hatta

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Sabtu, 11 Februari 2012

Karawang, Bandara Pengganti Soekarno-Hatta

VIVAnews - Pemerintah berencana membangun bandar udara di wilayah Jakarta bagian timur, tepatnya di Karawang sebagai antisipasi kelebihan kapasitas Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Sekarang masih studi lokasi," kata Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, usai acara Indonesia Logistics Summit 2011, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat, 11 November 2011.

Bambang mengatakan, pemerintah memiliki tiga lokasi dan semua berada di Karawang. Hingga saat ini, calon lokasi itu masih didalami oleh tim pengkaji yang dibentuk pemerintah. "Kami melihat daya dukung lingkungan, tata ruang udara, tata ruang darat, dan kesesuaian dengan area di sana," ujarnya.

Pembangunan bandara ini tak lain karena optimalisasi Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, diperkirakan hanya bertahan 2014-2015. "Setelah itu tak bisa menampung penumpang lagi," kata dia.

Karena itu, Bambang melanjutkan, pemerintah harus membangun bandara baru paling lambat beroperasi pada 2018. "Bangun bandara itu kan perlu waktu tiga tahunan," ujar Bambang.

Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan berencana membangun bandara baru di kawasan Jakarta bagian timur yaitu sekitar Karawang. Peletakan batu pertama ditargetkan pada 2013. Bandara baru ini nantinya berdaya tampung lebih besar dari Bandara Soekarno-Hatta saat ini.

Bandara Karawang akan diperuntukkan bagi seluruh segmen penerbangan termasuk layanan penuh maupun tarif rendah (low cost carrier).

Untuk pengerjaan proyek ini akan dilakukan atas kerja sama pemerintah dan swasta (public private partnership/PPP). Pemerintah akan membangun prasarana dari sisi udara, sedangkan swasta akan mengerjakan sisi darat. (art)

Kerja di rumah

Popular Posts