Investment Grade, Ini Kata Bank Sentral

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Minggu, 26 Februari 2012

Investment Grade, Ini Kata Bank Sentral

VIVAnews - Bank Indonesia menyatakan status investmet grade yang diberikat Moody's Investors Service menguatkan pengakuan dunia terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik. Apalagi pencapaian ini diperoleh saat terjadi ketidakpastian ekonomi dunia.

"Saya yakin ekonomi Indonesia akan mencapai kinerja yang lebih baik lagi di tahun 2012," kata Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution dalam keterangan resmi, Rabu 18 Januari 2012.

Lembaga pemeringkat Moody's hari ini menaikkan peringkat surat utang pemerintah Indonesia dari Ba1 menjadi Baa3. Dengan demikian Indonesia telah mendapatkan peringkat investment grade dari dua lembaga dunia, yaitu Moodys dan Fitch Ratings.

Peringkat ini ditetapkan sebulan setelah lembaga pemeringkat Fitch Ratings memberi gelar investment grade pada Desember lalu. Fitch telah menaikkan peringkat long term foreign dan local currency Issuer Default Ratings (IDR) Indonesia dari BB+ menjadi BBB- dengan outlook stabil.

"Kenaikan peringkat ini mencerminkan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan resilien, rasio utang publik yang rendah dan terus menurun, likuiditas eksternal yang menguat, serta kerangka kebijakan makro yang hati-hati," kata Grup Direktur Fitch's Asia-Pacific Sovereign Ratings, Philip McNicholas, Desember lalu.

Popular Posts