Indeks Pembelian di RRC Dongkrak Saham Asia

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Senin, 27 Februari 2012

Indeks Pembelian di RRC Dongkrak Saham Asia

VIVAnews - Pasar saham Asia menguat pada transaksi pagi ini, Selasa 3 Januari 2012. Indeks pembelian manajer di China (Chinese Purchasing Managers Index/PMI) dan bursa Eropa yang menguat menjadi sentimen positif.

Dalam perdagangan hari pertama setelah libur Tahun Baru, pasar regional bergerak positif. Sebab, banyak investor yang terdorong data resmi PMI China yang naik menjadi 50,3 persen pada Desember dari bulan sebelumnya yang berada di bawa 50 persen.

"Kami memulai tahun baru dengan catatan positif dan data yang diharapkan seperti PMI China yang positif pada akhir pekan lalu akan membantu memberikan kepercayaan investor baru," kata Jason Hughes, Head of Premium Client Management di IG Markets, seperti dikutip harian The Wall Street Journal.

"Namun, isu utama tahun 2011 (krisis Eropa) masih harus diselesaikan dengan solusi yang berarti, sampai akhirnya bisa dimasukkan ke 'tempat tidur' kita yang  mungkin masih memiliki ketidakpastian yang tersisa mengenai pasar global," tambahnya.

Sedangkan Kepala Perdagangan Ekuitas Commonwealth Bank Australia, Justin Rooney mengungkapkan, investor saat ini juga didorong  sentimen poisitif pasar Eropa yang ditutup menguat Senin kemarin.

"Pasar ekuitas Jerman cukup kuat. Jadi, itu disebabkan suasana hati yang sedikit positif," ujarnya.

Tercatat, bursa Australia S & P/ASX 200 naik 0,9 persen dan indeks Korea Selatan, Kospi Composite naik 1,7 persen. Sedangkan pasar saham di Jepang, Cina, Selandia Baru, dan Thailand masih tutup untuk liburan tahun baru. (ren)

Popular Posts