Dahlan: Adhi Harus Cari Jalan Rights Issue

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Jumat, 17 Februari 2012

Dahlan: Adhi Harus Cari Jalan Rights Issue

VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan menyatakan bahwa saat ini PT Adhi Karya Tbk (ADHI) sedang mencari jalan agar bisa melakukan penerbitan saham baru atau rights issue tanpa mengurangi porsi kepemilikan saham pemerintah di ADHI.

"Adhi Karya sedang mencari jalan untuk rights issue," kata Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin 13 Februari 2012.

Dahlan mengakui, Kementerian BUMN telah memberikan izin agar ADHI menerbitkan rights issue dengan target dana mencapai Rp800 miliar pada kuartal ketiga mendatang. "Tapi saat ini, mereka sedang menyiapkan strategi untuk rights issue tapi saham pemerintah tidak menyusut," katanya.

Seperti diketahui, pemerintah saat ini menguasai 51 persen saham ADHI dan jika tidak mengambil jatah dalam rencana rights issue tersebut, saham pemerintah akan terdilusi di bawah 50 persen.

"Buat apa ADHI mencari dana rights issue dan nanti pemerintah juga yang memberi dananya. Jadi, mending mereka cari-cara lain juga agar bisa rights issue tapi kepemilikan kami tidak terdilusi," ujar mantan dirut PLN ini.

Sebelumnya, Direktur Utama ADHI Kiswodarmawan menyatakan rights issue akan dilaksanakan setelah Kementerian Keuangan memberikan tanah seluas satu hektare sebagai penyertaan modal negara. Tanah senilai Rp500 miliar itu nantinya akan diganti dengan peningkatan saham pemerintah di Adhi Karya.

Setelah saham pemerintah naik, Adhi Karya baru melakukan rights issue, sehingga saham pemerintah di Adhi Karya akan tetap 51 persen. Rights issue tersebut, selain untuk membangun menara 100 lantai, juga dialokasikan bagi penambahan modal perseroan dan membangun proyek infrastruktur. (umi)

Popular Posts