Bursa RI Ikut Arus Penguatan Regional

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Rabu, 15 Februari 2012

Bursa RI Ikut Arus Penguatan Regional

VIVAnews - Pergerakan indeks saham di bursa regional Asia yang berfluktuasi pada awal perdagangan hari ini, Rabu 15 Februari 2012, diikuti indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia.

Di bursa domestik, IHSG dibuka terkoreksi 9,38 poin atau 0,29 persen ke level 3.943,42. Namun, setelah 45 detik perdagangan, indeks berbalik arah menguat atau rebound 0,54 poin (0,01 persen) menjadi 3.953,36.

Menurut analis PT Phillip Securities Indonesia, Armand Dharmasana, IHSG berhasil rebound, karena ada sedikit sentimen positif dari bursa Asia pagi ini atas harapan bahwa Yunani akan memperoleh dana talangan baru.

"Namun, indeks akan bergerak menguat terbatas dengan kisaran level 3.910 dan 3.990," kata dia dalam risetnya yang diterima VIVAnews di Jakarta.

Analis PT BNI Securities, Akhmad Nurcahyadi, juga sependapat. Pergerakan indeks di bursa regional pagi ini dan bursa acuan yang masih ditransaksikan menguat, merefleksikan sentimen positif sesaat yang terjadi di Amerika Serikat. Kondisi itu menjadi faktor pendorong pergerakan positif IHSG.

Di bursa Wall Street, indeks Dow Jones Industrial Average naik 4,24 poin atau 0,03 persen menjadi 12.878,28 pada penutupan transaksi Selasa waktu New York. Indeks S&P 500 turun 1,27 poin atau 0,1 persen di posisi 1.305,5. Sementara itu, indeks Nasdaq Composite naik 0,44 poin atau 0,02 persen menjadi 2.931,83.

Sementara itu, pasar saham Asia bergerak fluktuatif pada perdagangan awal hari ini, di tengah kekhawatiran melambatnya proses penyelesaian krisis utang Yunani.

Namun, pasar saham Tokyo melonjak seiring pelemahan mata uang yen, menyusul langkah tak terduga yang ditempuh Bank of Japan yang memberikan pelonggaran pinjaman.

"Para broker mewaspadai kondisi krisis Eropa, seiring belum ditetapkan waktu pembahasan amandemen Yunani untuk mencari kesepakatan merevisi utang negara oleh para menteri Uni Eropa. Jadi, banyak investor yang memilih keluar untuk sementara waktu," kata Justin Harper, kepala riset IG Markets di Singapura, seperti dikutip dari laman Wallstreet Journal.

Di bursa Jepang, indeks Nikkei Stock Average naik 1,0 persen, Australia S&P/ASX 200 menguat 0,3 persen, dan Kospi Composite di bursa Korea Selatan terangkat 0,6 persen. Sementara itu, di bursa Selandia Baru, indeks NZX-50 terkoreksi 1,1 persen. (art)

Popular Posts