BP Gagal Jual Aset US$7 Miliar di Argentina

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Minggu, 12 Februari 2012

BP Gagal Jual Aset US$7 Miliar di Argentina

VIVAnews - Rencana British Petroleum (BP) menjual sahamnya senilai US$7 miliar kepada Bridas Corp, gagal. Bridas Corp adalah perusahaan patungan yang sahamnya dikuasai oleh produsen minyak mentah di Argentina, Bridas Energy Holdings dan perusahaan China National Offshore Oil Corporation (CNOOC) dengan kepemilikan masing-masing 50 persen.

Awalnya, BP setuju untuk menjual 60 persen sahamnya di Pan American Energy yang berbasis di Argentina kepada CNOOC melalui Bridas, dengan tenggat waktu 1 November 2011.

Bridas mengatakan, pihaknya memutuskan untuk mengakhiri pembicaraan penjualan karena alasan hukum dan tidak nyaman dengan cara BP selama transaksi.

Dalam pernyataan terpisah, Chief Executive Officer (CEO) CNOOC, Yang Hua, mengatakan, upaya untuk memenuhi kesepakatan tidak sesuai harapan, sehingga Bridas memilih mengakhiri transaksi. "Tidak ada rincian tambahan yang diberikan, selain BP telah diberitahu keputusan itu pada 5 November," kata Hua seperti dikutip Wall Street Journal.

Kesepakatan yang direncanakan adalah salah satu investasi energi utama oleh China di Amerika Latin dalam dua tahun terakhir, dan kesepakatan yang luar biasa bagi perusahaan Argentina. Namun, Bridas membantah laporan media bahwa kesepakatan itu terjadi karena pemerintah Argentina dan China.

BP telah menjual asetnya untuk menutupi kerugian akibat biaya tumpahan minyak tahun lalu di Teluk Meksiko.

Sementara itu, perusahaan China yang telah lama mencari minyak luar negeri dan aset gas, CNOOC, mengatakan masih mencari akuisisi tambahan.

CNOOC dan BP sebelumnya mengatakan perusahaan Inggris itu harus membayar deposit dari perusahaan patungan US$3,53 miliar jika kesepakatan itu gagal. BP juga harus membayar kepada Bridas US$700 juta. (art)

Popular Posts