Bankir Dominasi Calon Dewan Komisioner OJK

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Jumat, 17 Februari 2012

Bankir Dominasi Calon Dewan Komisioner OJK

VIVAnews - Menteri Keuangan yang juga ketua Panitia Seleksi Otoritas Jasa Keuangan OJK, Agus Martowardojo, menyatakan terdapat 309 calon pendaftar Dewan Komisioner OJK. Dari jumlah tersebut terdapat 19 orang yang tidak melengkapi dokumen, sehingga yang masuk seleksi sebanyak 290 calon.

Menurut dia, sebanyak 290 nama calon tersebut mencerminkan para putra-putri terbaik dari sisi pemerintahan, Bank Indonesia, dan golongan lainnya.

"Ini mencerminkan bapak ibu yang dari kategori ahli sampai putra-putri yang berpotensi baik dari sisi pemerintahan dan BI, baik tingkat eselon 1 dan 2 yang punya kualifikasi ikut mendaftar," tuturnya saat jumpa pers di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat 17 Februari 2012.

Agus memaparkan dari jumlah 290 calon yang siap terdiri dari sektor perbankan 83 orang, pasar modal 17 orang, industri keuangan non bank 30 orang, regulator jasa keuangan (BI dan Bapepam-LK) 48 orang, akademisi 25 orang, pemerintah 36 orang, dan kategori lain 51 orang.

"Lima hari kerja sejak ditutupnya pendaftaran harus diumumkan hasil seleksi administratif. Kalau sudah diumumkan pada hari Senin, kami mohon bisa memperoleh masukan dari masyarakat," ujarnya.

Tahap selanjutnya, tambah Agus, anggota pansel akan melanjutkan proses seleksi hingga minggu ketiga bulan Maret untuk memilih 21 nama calon. Ke 21 nama tersebut akan diserahkan pada presiden untuk kembali diseleksi.

"Nanti presiden akan memilih 14 nama lalu dikirim ke DPR. Untuk kemudian diusulkan 7 nama ke presiden untuk ditetapkan," tuturnya.

Panitia seleksi Dewan Komisioner OJK terdiri atas Menteri Keuangan Agus Martowardojo (Ketua), Gubernur BI Darmin Nasution, Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah dan Ketua Komnas GCG Mas Achmad Daniri, Anggota Pansel yang lain praktisi bidang asuransi keuangan non bank Ariyanti Sulianto, ekonom Chatib Basri. (adi)

Popular Posts