Bank BUMN Kepincut Kerja Sama Lintas ATM

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Sabtu, 11 Februari 2012

Bank BUMN Kepincut Kerja Sama Lintas ATM

VIVAnews - Tak mau ketinggalan dengan PT Bank Mandiri Tbk yang telah menjalin kerja sama transaksi di anjungan tunai mandiri (ATM) dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA), Himpunan Bank-bank Negara (Himbara) juga berharap bisa terhubung dengan sistem ATM bank swasta terbesar di Indonesia itu.

Saat ini, Himbara merupakan pengelola dari jaringan ATM dengan merek Link. Sementara itu, BCA menggunakan sistem jaringan ATM Prima.

"Tadi Pak Darmin, (Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution) sudah memberikan sinyal mau kasih izin (switching) untuk ATM Link, produk kami ini," kata Ketua Umum Himbara, Gatot M Suwondo di Jakarta, Senin, 16 Januari 2012.

Gatot mengatakan, proses untuk menghubungkan jaringan ATM Link dan Prima terus dilaksanakan oleh Himbara. Salah satunya adalah mengubah status hukum Himbara yang semula hanya berupa paguyuban menjadi badan hukum.

"Prosesnya sudah di Kementerian Hukum dan HAM, atas nama Himbara," kata dia.

Dengan pengubahan status ini, nantinya Himbara akan berperan dalam dua fungsi yaitu paguyuban dan unit bisnis. Pengelolaan jaringan ATM Link nantinya akan dikerjakan oleh unit bisnis Himbara.

Selain jaringan koneksi dengan sistem ATM lain, Himbara juga telah merencanakan pengadaan peralatan transaksi nasabah untuk para anggotanya. Selain ATM, pengadaan yang bisa dilakukan oleh Himbara adalah mesin EDC.

"Apa yang bisa dilakukan bersama-sama, kenapa nggak (dilakukan)," kata Gatot. (art)

Popular Posts