Pesan ADB ke RI: Waspada Naiknya Kemiskinan

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Sabtu, 31 Desember 2011

Pesan ADB ke RI: Waspada Naiknya Kemiskinan

VIVAnews - Bank Pembangunan Asia (ADB) mengingatkan pemerintah Indonesia agar mengantisipasi meningkatnya kemiskinan rakyat di tengah ketidakpastian ekonomi global saat ini. "Meskipun kami melihat dari sisi makro ekonomi, Indonesia dalam kondisi baik," kata Direktur ADB untuk Indonesia Jon D. Lindborg di Jakarta, Kamis 23 November 2011.

Dia mengatakan, ADB tidak lupa mengingatkan bahwa ada tantangan yang dihadapi pemerintah, yaitu pengurangan kemiskinan. Berdasarkan catatan ADB, Indonesia masih mampu menanggulangi masalah kemiskinan. Sebanyak empat juta orang berhasil dientaskan dari kemikinan.

"Meski demikan masih banyak orang yang ada di ambang kemiskinan. Pemerintah harus pastikan mereka tak jatuh ke kemiskinan terutama karena guncangan masalah perekonomian global," tutur Lindborg.

Sementara itu ADB, tambahnya, telah berinvestasi sebesar US$25 miliar selama kurang lebih 50 tahun dengan kerjasama Indonesia untuk pembangunan Tanah Air. Saat ini pihaknya tengah mengerjakan 19 proyek dengan pemerintah dengan total investasi mencapai US$1,8 miliar.

Konektivitas

Seperti diketahui, salah satu pembahasan penting dalam KTT ASEAN 2011 adalah kerjasama konektivitas antara negara. Sebanyak 12 proyek infrastruktur dicanangkan dalam program Brunei-Indonesia-Malaysia, East ASEAN Growth Area (BIM-EAGA).

"Konektivitas ini di dalam (BIM-EAGA) ada 12 proyek infrastruktur, di mana 4 proyek infrastruktur ada di Indonesia," kata Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, 10 Mei.

Hatta menjelaskan empat proyek yang akan digarap oleh Indonesia yaitu pertama, pembangunan pembangkit Sumatera terhubungkan dengan Malaka. Kedua, pembangunan pembangkit 150 KV transmisi di Sanggau, Kalimantan Barat dan Sarawak.

Ketiga, rehabilitasi jalan-jalan di perbatasan sepanjang lebih kurang 150 kilometer di Indonesia. Keempat, adalah jalan tol Bitung-Manado. (ren)

Kerja di rumah

Popular Posts