Alasan PLN Tak Bisa Hemat Triliunan Rupiah

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Jumat, 21 Oktober 2011

Alasan PLN Tak Bisa Hemat Triliunan Rupiah

VIVAnews - PT Perusahaan Listrik Negara menyatakan bahwa kehilangan jatah gas dan juga keterlambatan dalam pembangunan proyek 10.000 megawatt (MW) membuat pihaknya kehilangan kesempatan untuk menghemat dana triliunan rupiah.

"Dugaan saya ya, itu terjadi seperti itu, karena jatah gas PLN yang telah diturunkan dan juga telatnya proyek 10.000 MW," kata Direktur Utama PLN, Dahlan Iskan, saat ditemui di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Kamis 6 Oktober 2011.

Akibat tidak dapat pasokan gas, lanjut Dahlan, PLN mengalami kerugian hingga Rp10 triliun. Hal tersebut diperburuk dengan pemakaian bahan bakar minyak sebagai pengganti pasokan gas yang akan memakan dana triliunan. "Tapi, ini dugaan saya ya," tuturnya.

Seperti diketahui, Badan Pemeriksa Keuangan menyebutkan PLN --sebagai operator listrik nasional-- dianggap belum optimal. PLN tidak bisa menghemat karena terlalu banyak menghabiskan dana untuk kebutuhan bahan bakar.

PLN juga dinilai tidak mengoperasikan dan memelihara beberapa pembangkit sesuai dengan teknis dan prinsip efisensi. Biaya pemeliharaan yang digelontorkan juga sangat besar.

Hasil audit BPK mengungkapkan PLN kehilangan kesempatan berhemat biaya bahan bakar sebesar Rp17,9 triliun pada 2009 dan Rp19,7 triliun pada 2010. (art)

Popular Posts