Puasa, Harga Daging Tak Naik?

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Senin, 29 Agustus 2011

Puasa, Harga Daging Tak Naik?

Seorang pedagang daging sapi di Pasar Setono Betek, Kediri, Jawa Timur (ANTARA/Arief Priyono)

VIVAnews - Menteri Pertanian Suswono menjamin tak ada kenaikan harga daging sapi menjelang dan saat Puasa, Agustus mendatang. Ini karena stok daging nasional cukup.

Suswono mengatakan, pemerintah telah menyediakan stok daging dan sapi potong dengan mengimpor, salah satunya dari Australia. “Tidak ada alasan bagi para pedagang untuk menaikkan harga daging," kata Suswono dalam rapat dengar pendapat dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Senin 11 Juli 2011.

Suswono yakin, kuota impor sapi telah sesuai kebutuhan dan tak bakal ada kekurangan. Selain karena impor, Suswono mengatakan, produksi sapi dalam negeri juga sedang bagus. "Ini terlihat dari hasil sensus hewan yang menggembirakan," katanya.

Karena itu, pemerintah akan menjaga agar  harga daging di Hari Raya Idul Fitri tidak mengalami kenaikan dengan cara mengatur suplai. Pada bulan itu, pasokan tak cuma sesuai kebutuhan bulanan, melainkan ada tambahan.

Bila biasanya 7.000 ribu ton per bulan, untuk tiga bulan ke depan, karena ada hari raya, menjadi 28 ribu ton. "Ini untuk Juli, Agustus, dan September."

Suswono juga menjamin harga sapi lokal akan tetap stabil. “Kakmi meminta kepada importir agar menyerap sapi lokal terlebih dulu,” kata Suswono. Laporan: Nina Rahayu (adi)

Kerja di rumah

Popular Posts