Menko Perekonomian Imbau Investor Tak Panik

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Rabu, 31 Agustus 2011

Menko Perekonomian Imbau Investor Tak Panik

VIVAnews- Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, mengimbau agar investor tidak panik menyikapi gejolak saham yang terjadi secara global. Pasalnya, emiten Indonesia memiliki fundamental yang baik.

"Karena ini imbas dari apa yang terjadi di Amerika dan Eropa. Tidak menyentuh sama sekali fundamental dari bursa saham," ujar Hatta di kantornya, Jakarta, Senin Senin 8 Agustus 2011.

Dengan kondisi fundamental yang masih baik, anjloknya IHSG itu dapat pulih. "Saya merasa bahwa Indonesia akan cepat pulih," imbuhnya.

Hatta mengingatkan, aliran dana biasanya akan menuju ke negara-negara dengan kondisi ekonomi yang aman. "Indonesia masuk dalam emerging country yang berkualitas," ujarnya.

Namun, ia melanjutkan, dengan kondisi tersebut pemerintah tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap gejolak global. Pemerintah dan Bank Indonesia telah memiliki protokol manajemen krisis.  "Memang kita harus mewaspadai, jangan menganggap enteng."

Seperti diketahui, penurunan rating utang pemerintah AS oleh S&P dari AAA menjadi AA+ membuat bursa efek global berjatuhan. Indeks harga saham gabungan (IHSG) juga terpangkas. Penurunan parah juga terjadi pada Jumat, 5 Agustus 2011 yang anjlok 200,44 poin atau 4,86 persen di level 3.921,64.

Hari ini, Senin 8 Agustus 2011, indeks terus terkoreksi hingga 4,45 persen menjadi 3.747,21 pada perdagangan pukul 11.11 WIB menjelang penutupan perdagangan hari ini.

 

 

Popular Posts