BI 'Bagi-bagi' Uang Sampai Daerah Terpencil

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Sabtu, 30 Juli 2011

BI 'Bagi-bagi' Uang Sampai Daerah Terpencil

VIVAnews -  Menjelang hari raya Idul Fitri tahun ini, Bank Indonesia (BI) mulai mendistribusikan uang tunai sebesar Rp7,1 triliun ke sejumlah kas daerah di kawasan terpencil.

"Pada 4 Juli lalu  Kita sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan dan polisi perairan di kepulauan seperti  Mianggas, Sulawesi Utara, Ambon dan Ternate, Riau dan pulau perbatasan,” Kata Deputi Gebernur Bank Indonesia Ardhayadi di Jakarta, Kamis, 28 Juli 2011.

Ardhayadi menjelaskan, masa liburan Idul Fitri cukup panjang menyebabkan pihak bank sentral harus meningkatkan frekuensi dan kualitas agar kas masyarakat di daerah terpencil dapat tercukupi

Selain itu, BI juga harus membangun kerjasama dengan sejumlah instansi daerah seperti Bank Perkreditan Rakyat, dan Bank Syariah untuk berkoordinasi seputar masalah penukaran dan penyaluran uang ke kas daerah.

Di samping pasokan uang ke kas daerah terpencil,  BI juga akan menyediakan jasa penukaran uang di beberapa lokasi umum seperti pasar, mal, dan PT kereta Api Indonesia.

“Kita siapkan mobil berwarna biru untuk  penukaran uang disana, dan kita juga menyediankan layanan penyaluran uang untuk instansi pemerintah seperti DPR, dan departemen atau kementerian,” tambahnya.

Sebelumnya BI berencana menyediakan uang pecahan kecil sebesar Rp16,53 triliun untuk kebutuhan lebaran tahun ini. Sementara itu, pecahan besar, BI menyiapkan Rp106,86 triliun. Total untuk kebutuhan lebaran tahun ini ditaksir mencapai Rp61,36 triliun.

Jumlah total persediaan uang tunai dari BI itu meningkat Rp6,57 triliun atau 12 persen dibanding realisasi tahun lalu Rp54,78 triliun. Sementara itu, persediaan uang tunai secara nasional pada akhir Juli sebesar Rp123,39 triliun.

 

Kerja di rumah

Popular Posts