Berapa Kekayaan Strauss-Kahn?

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Senin, 30 Mei 2011

Berapa Kekayaan Strauss-Kahn?

VIVAnews- Jauh sebelum ditangkap, kekayaan mantan direktur IMF Dominique Strauss-Kahn menjadi bahan sorotan. Lawan politiknya bahkan menyebut Kahn sebagai "caviar socialist" untuk gaya hidup mewahnya.

Sebelum ditangkap, Kahn digambarkan gemar mengendarai Porsche dan suka belanja barang mewah. Pakaiannya dibuat penjahit Obama yang menghabiskan 25.000 Euro (Rp304,4 juta).

Namun sejak penangkapannya disorot berbagai media, khususnya media Amerika, hartanya pun ikut disorot. Diketahui sumber kekayaannya berasal dari sang istri, Anne Sinclair, penyiar terkenal di Prancis yang menjadi pewaris keluarga pedagang barang seni.

Pengacaranya mengatakan Strauss-Kahn memiliki saldo tabungan di bawah 'tujuh digit' atau  di bawah US$10 juta, sekitar Rp85,38 miliar. Dan di IMF ia dibayar US$420.930 setahun, atau sekitar Rp3,593 miliar.

Istrinya memberikan jaminan US$1 juta (Rp8,5 miliar) dan US$5 juta (Rp42,69 miliar) dalam bentuk obligasi, dan membayar US$200 ribu (Rp1,7 miliar) per bulan untuk keamanan Strauss-Kahn selama menjalani tahanan rumah.

Pengeluaran Sinclair untuk suaminya dan sejarah keluarga yang glamor, membuat New York Magazine dan New York Post menyebut sosoknya sebagai miliarder. Namun Forbes menulis dengan penggambaran berbeda.

Seperti yang ditulis Forbes, Sinclair adalah cucu dari Paul Rosenberg, agen seni Prancis yang memiliki koleksi lukisan Picasso, Matisse dan Braque.

Sosoknya pernah diulas majalah Time pada 1953.  Para pelukis terkenal tersebutlah yang membuat Rosenberg kaya.

"Rosenberg memiliki perjanjian pembelian ekslusif dengan ketiga pelukis semasa hidupnya, dan setiap lukisan dibeli langsung dari seniman," tulis Time.

Pada waktu cerita diterbitkan, Rosenberg memiliki 89 karya yang layak dipamerkan di galeri, termasuk 43 lukisan Picasso dan lukisan karya Degas, Seurat, dan Renoir.

Ketika Rosenberg meninggal pada 1959, koleksinya diserahkan kepada Alexandre, paman Anne Sinclair. Anne dan ibunya, Micheline diperkirakan mewarisi karya ini ketika Alexandre meninggal pada 1987.

Micheline meninggal pada 2007, dan mewarisi Sinclair untuk mengelola koleksi keluarga. Tidak ada cara untuk mengetahui tepatnya harta pribadi Rosenberg's yang dimiliki Sinclair, meskipun Artinfo.com telah menyusun daftar karya dia dan keluarganya yang terjual selama bertahun-tahun.

Antara lain adalah lukisan seri Monet 'Waterlilies' senilai US$20 juta (Rp170,76 miliar), Leger's The Woman di Red and Green' senilai US$22,4 juta (Rp191,25 miliar), Matisse's Odalisque, Blue Harmony senilai US$33 juta (Rp281,75 miliar) dan 14 karya lain dengan harga lebih rendah dengan total US$18,75 juta (Rp160,08 miliar).

Sinclair dan Strauss-Kahn juga memiliki sejumlah properti. Sebuah properti di Georgetown, Washington DC,  dekat dengan kantor pusat IMF, tercatat dimiliki Sinclair dengan harga US$4 juta (Rp34,15 miliar).

Ia juga memiliki apartemen di Paris, sebuah penthouse di Places des Vosges senilai 4 juta Euro (US$5,5 juta atau Rp46,95 miliar) yang terletak di 16th Arrondissement, salah satu kota daerah orang kaya. Ia juga memiliki properti di Marrakesh, Maroko senilai US$4 juta.

Jadi, apakah Sinclair seorang miliarder? Forbes menilai ia bukan sosok miliarder. Namun yang jelas, ia sangat kaya. Kekayaan paling berharga berasal dari koleksi seni dan penjualan seni dari kakeknya senilai antara US$100-200 juta (Rp853,8 miliar-Rp1,707 triliun). Sedangkan tempat tinggal pasangan itu senilai US$15 juta (Rp128,07 miliar). (umi)

Kerja di rumah

Popular Posts