Penjualan Mobil Nasional Turun 5,9 Persen
VIVAnews - Penjualan mobil nasional pada Februari 2011 turun 5,9 persen dari 73.866 unit pada Januari 2011 menjadi 69.489 unit. Toyota masih merajai penjualan mobil nasional diikuti Mitshubishi dan Daihatsu.
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diterima VIVAnews.com, Toyota masih merajai pasar mobil nasional dengan penjualan mencapai 25.563 unit diikuti Mitsubishi 10.480 unit dan Daihatsu 9.958 unit. Sedangkan untuk penjualan mobil Suzuki pada Februari 2011 mencapai 6.802 unit, Honda 4.558 unit, dan Isuzu 2.304 unit.
Menurut Gaikindo, hampir seluruh merk mobil mengalami penurunan penjualan dibandingkan Februari 2011. Daihatsu mengalami penurunan drastis hingga 20 persen atau 2.632 unit dari 12.590 unit pada Januari 2011 menjadi 9.958 unit.
Menurut Ketua Umum Gaikindo, Sudirman MR, turunnya penjualan mobil nasional per Februari 2011 dipicu jumlah hari kerja di Februari yang lebih pendek dari bulan-bulan lain. "Februari itu kan cuma sampai tanggal 28, belum dipotong hari-hari libur. Jadi, hari kerjanya pendek," tuturnya saat dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, Kamis 24 Maret 2011.
Senada dengan Sudirman, General Manager Head of Public Relations Astra Internasional, Yulian Warman, juga mengatakan, penjualan mobil di Februari turun karena jumlah hari kerja di bulan tersebut yang lebih pendek dibanding bulan-bulan lainnya. "Jadi, bukan karena sesuatu yang lain," ujarnya saat dihubungi terpisah.
Jika dibandingkan dengan penjualan Februari 2010 dan 2009 (apple to apple), penjualan mobil nasional pada Februari 2011 masih paling tinggi. Penjualan Februari 2011 naik 24, 7 persen dibandingkan penjualan mobil pada Februari 2010 yang mencapai 55.688 unit. Sedangkan penjualan mobil Pada Februari 2009 hanya 34.509 unit.
"Kalau secara apple to apple, penjualan mobil terus naik. Walaupun ada yang bilang Pertamax naik dan konsumen menunggu kepastian wacana pembatasan Premium. Namun, faktanya penjualan terus naik," kata Yulian.
Secara keseluruhan, penjualan mobil grup Astra Internasional yang terdiri dari Daihatsu, Isuzu, Nissan Diesel, Toyota, dan Peugeot mencapai 38.001 unit. Astra berhasil mencapai market share sebesar 55 persen dari total penjualan nasional.