Cicilan Rumah Murah Hanya Rp200 Ribu

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Rabu, 30 Maret 2011

Cicilan Rumah Murah Hanya Rp200 Ribu

VIVAnews - Pemerintah menargetkan 100 ribu unit rumah murah untuk rakyat tahun ini. Rumah murah ini nantinya dapat dibeli dengan angsuran Rp200 ribu per bulan dan tanpa uang muka.

"Kami akan berusaha tahun ini, mungkin akan dibangun 100 ribu unit. Lokasinya di seluruh Indonesia, sebagian di kabupaten di Jawa dan lainnya di luar Jawa," kata Menteri Perumahan Rakyat, Suharso Monoarfa, usai rapat di Kementerian Perekonomian, Jakarta, Rabu, 2 Maret 2011.

Menpera selanjutnya akan mengundang daerah potensial untuk merespons penyediaan rumah murah untuk masyarakat tersebut. Kebijakan ini ditargetkan dapat terlaksana pada semester kedua tahun ini.

"Mudah-mudahan ini bisa kami mulai paling tidak pada semester kedua tahun ini," kata Suharso.

Sementara itu, terkait lokasi, Suharso menjelaskan akan membagi beberapa daerah berdasarkan kualitas, penyediaan lahan, dan kesanggupan pemda setempat. Lokasinya juga tergantung dari kesediaan masing-masing daerah.

"Misalnya, menurut kami, daerah itu prioritas, namun tidak merespons, lalu bagaimana," tanya Suharso.

Pembangunan rumah ini menggunakan lahan daerah yang disediakan oleh Pemda. Selain itu, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyediakan sarana dan prasarana dalam program Corporate Social Responsibility (CSR). Meski dapat dikerjakan oleh setiap pengembang, namun rumah murah itu akan lebih banyak dilakukan Perumnas. (art)

Kerja di rumah

Popular Posts