Hatta: Taksi Mewah Boleh Pakai BBM Subsidi

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Senin, 29 November 2010

Hatta: Taksi Mewah Boleh Pakai BBM Subsidi

VIVAnews - Taksi masih bisa tetap menggunakan bensin bersubsidi dalam rencana pembatasan subsidi BBM tahun depan karena taksi tergolong angkutan umum.

"Mereka untuk transport umum tentu akan tetap dapat subsidi," kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Jumat 26 November 2010.
 
Semua pihak, kata Hatta, diminta jangan berpersepsi buruk atas subsidi yang diberikan. Apalagi sampai berpikir bahwa subsidi itu diberikan untuk pengusaha taksi yang sudah kaya raya. "Jangan berpikir subsidi itunya" kata dia.
 
Menurut dia, mobil mahal yang dipakai sebagai taksi itu tetap fasilitas publik, namun digolongkan sebagai angkutan khusus untuk kelas atas.
 
Taksi mewah itu misalnya seperti Silver Bird atau Tiara Express. "Jadi biarkan saja, kan transportasi umum. Namanya ada peningkatan. Kalau kereta api saja bisa pakai AC, taksi kenapa tidak," katanya.
 
Kemarin seperti diberitakan Blue Bird Group siap mengganti bahan bakar minyak (BBM) armadanya, khususnya taksi Silver Bird untuk menggunakan pertamax bila diminta. Penggantian itu akan dilakukan asal pemerintah mengeluarkan payung hukum yang jelas dan batasan apa yang dimaksud dengan taksi mewah.

Kepala Humas Blue Bird Group, Teguh Wijayanto menuturkan, taksi Silver Bird sebetulnya merupakan angkutan umum dan memiliki kontribusi mengurangi penggunaan mobil pribadi sehingga ia mempertanyakan aturan yang melarang Silver Bird menggunakan BBM bersubsidi.

"Untuk sementara, kami berpatokan belum ada ketentuan yang melarang angkutan umum menggunakan BBM bersubsidi jenis premium," kata Teguh saat dihubungi VIVAnews di Jakarta.

Teguh mempertanyakan, definisi angkutan umum mewah seperti apa yang tidak boleh mengonsumsi BBM premium. Sebab, jika hanya dibedakan berjenis merk, bus buatan Mercedez Benz pun dapat dikategorikan mobil mewah padahal bus menggunakan BBM jenis solar yang juga BBM bersubsidi.

Namun, ia mengaku Blue Bird akan mentaati segala aturan yang ditetapkan pemerintah. Jika pemerintah menetapkan angkutan umum jenis taksi menggunakan pertamax, Blue Bird siap melaksanakan. "Namun, nanti akan ada penyesuaian tarif," kata Teguh.

Saat ini, Silver Bird mempunyai 750 unit mobil berjenis Mercedez Benz. Selain itu, Blue Bird group juga mempunyai usaha rental mobil Golden Bird sebanyak 1.200 unit dengan berbagai varian.

Kerja di rumah

Popular Posts