Tol Sumatera Bukan Hanya Digarap Jasa Marga

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Jumat, 16 Maret 2012

Tol Sumatera Bukan Hanya Digarap Jasa Marga

VIVAnews - Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara, merencanakan pembangunan jalan tol sepanjang 1.000 kilometer di Sumatera. Pembangunan tersebut nantinya akan melibatkan perusahaan BUMN, PT Jasa Marga Tbk dan pemerintah daerah setempat.

Menurut Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Djoko Murjanto, proyek pembangunan jalan tol lintas Sumatera sepanjang 1.000 kilometer itu nantinya harus menjalani proses tender. "Ya, seperti proyek ruas tol yang lain," kata dia saat dihubungi VIVAnews di Jakarta, Senin 5 Maret 2012.

Tentunya, dia menambahkan, untuk pengerjaan proyek Trans Sumatera tidak hanya satu pihak atau perusahaan pemerintah yang bisa mengerjakannya. "Jadi, meski Jasa Marga diinstruksikan Menteri BUMN menggarap proyek ini, tetap tidak menutup kemungkinan adanya perusahaan lain yang terlibat," ujar Djoko.

Siapa saja yang sudah menyatakan kesiapannya ikut tender proyek tersebut? "Belum ya, karena saat ini sedang dalam proses pembebasan lahannya. Terutama, untuk jalan tol Medan-Binjai sepanjang 15,8 kilometer dan Pekanbaru-Dumai dengan panjang 135 kilometer yang akan menjadi proyek awal Trans Sumatera," tuturnya.

Sebelumnya, perusahaan pengelola jalan tol milik pemerintah, Jasa Marga mengaku berminat untuk segera membangun jalan tol 1.000 kilometer di Sumatera. Alasannya, sejumlah titik-titik strategis diperkirakan memberikan keuntungan bisnis bagi perusahaan. Lengkapnya, baca tautan ini. (art)

Popular Posts