Honda Bangun Pabrik Baru Senilai Rp3,1 T

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Kamis, 15 Maret 2012

Honda Bangun Pabrik Baru Senilai Rp3,1 T

VIVAnews - PT Honda Prospect Motor (HPM) akan membangun pabrik baru dengan investasi sebesar Rp3,1 triliun. Pabrik itu untuk meningkatkan kapasitasnya produksi dari 60 ribu unit mobil per tahun menjadi 180 ribu unit mobil per tahun.

Pabrik baru yang akan dibangun pada tahun ini berlokasi tepat dibelakang pabrik yang ada saat ini di Kawasan Industri Mitrakarawang, Desa Parungmulya, Jawa Barat dengan total luas bangunan sebesar 95 ribu meter persegi.

Managing Officer Honda Motor Hiroshi Kobayashi menjelaskan pabrik yang akan dibangun ini akan memiliki kapasitas produksi sebesar 12 ribu unit per tahun, sehingga meningkatkan keseluruhan kapasitas produksi menjadi 180 ribu unit mobil per tahun. Diharapkan pabrik itu dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 2.000 sampai dengan 5.000.

"Rencana pabrik yang baru ini memproduksi model-model baru Honda yang akan datang salah satunya Honda Brio. Produksi Brio di pabrik yang baru akan memiliki kandungan komponen lokal yang lebih besar yaitu lebih dari 80 persen." ujar Hiroshi di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis 15 Maret 2012.

Sementara itu, Presiden Director PT HPM, Tomoki Uchida menjelaskan ekspansi Honda kali ini seiring dengan pertumbuhan pasar otomotif yang sangat pesat di dalam negeri serta untuk memenuhi permintaan konsumen. Honda memprediksi total pasar tahun ini akan mencapai 950 ribu unit. Honda menargetkan penjualan sebesar 70 ribu unit pada 2012.

"Kami percaya bahwa kepercayaan konsumen terhadap produk Honda dan permintaan yang tetap tinggi," ujarnya.

Sebagai informasi, pabrik HPM saat ini memiliki total luas area 512.500 meter persegi dengan luas bangunan sebesar 97.575,79 meter persegi. Pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi 60 ribu unit mobil per tahun. Pabrik Honda saat ini memperkerjakan sekitar 3600 karyawan. (eh)

 

Popular Posts