Citigroup Diprediksi Juara Tes Kesehatan Bank

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Senin, 12 Maret 2012

Citigroup Diprediksi Juara Tes Kesehatan Bank

VIVAnews- Analis memprediksi Citigroup akan menjadi pemenang dalam hasil stress test yang diumumkan Bank Sentral Amerika (The Fed). Stress test itu bertujuan untuk mengukur tingkat kesehatan bank besar di Amerika.

Seperti yang dikutip Reuters, analis Todd Hagerman, Sterne Agee mengatakan bank terbesar AS ketiga itu kemungkinan bisa mendapatkan izin meningkatkan sahamnya dan memberikan dividen kuartalan. Kabar ini ditunggu pemegang saham sejak serangkaian bailout oleh pemerintah.

Bank yang lebih kuat seperti Wells Fargo & Co juga cenderung melihat rencana kenaikan deviden. Sementara Bank of America dan bank lainnya masih berusaha membangun kembali modal mereka, seperti Regions Financial Corp yang akan ditinggalkan. Hasilnya diharapkan pada Kamis nanti dapat mendongkrak harga saham untuk beberapa bank.

Analis pada umumnya memprediksi bank lolos tes, untuk menunjukkan bagaimana kinerja mereka dalam krisis ekonomi. Namun investor akan mengamati dengan seksama seberapa besar The Fed akan memberikan izin untuk meningkatkan deviden dan melakukan pembelian kembali sahamnya.

Saham bank telah melonjak sepanjang tahun ini, dengan KBW Bank Index yang naik 16 persen.

The Fed terlihat menjadi konservatif dibanding 2011 dalam menyetujui kenaikan deviden dan pembelian saham kembali. Regulator terus khawatir tentang kesehatan sistem keuangan, prospek ekonomi global dan masa depan pertumbuhan pendapatan.

Herman memprediksi bank yang sahamnya bakal terdongkrak adalah PNC Financial Service, Fifth Third Bancorp, Wells Fargo, BB&T, dan US Bancorp.

Di sisi lain, Bank of America, SunTrust Bank, KeyCorp dan Zions Bancorp bisa melihat saham mereka terkena dampak negatif.

Dalam stress test tahun ini, The Fed kembali memeriksa 19 bank besar untuk menentukan apakah mereka dapat mempertahankan tingkat modal yang cukup dalam skenario kemungkinan terburuk (worst case scenario) yang mencakup 13 persen pengangguran. Selain itu, the Fed juga meninjau 12 bank dengan set di bawah US$50 miliar dan US$100 miliar. Tidak seperti tes tahun lalu, The Fed berencana  mengumumkan pembukuan bank itu secara terbuka. (umi)

Popular Posts