MNC Bidik Pasar Eropa dan Amerika

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Senin, 12 Desember 2011

MNC Bidik Pasar Eropa dan Amerika

VIVAnews - PT Media Nusantara Citra Tbk menyatakan jaringan distribusi perusahaan diharapkan bisa meluas hingga ke Eropa dan Amerika. Keinginan itu muncul seiring masuknya investor baru, Saban Capital Group, yang memiliki saham perusahaan sebesar lima persen sejak awal November 2011.

"Keterkaitan dengan Saban Capital Group tentunya akan memperkuat network kami di luar negeri, terutama Amerika dan Eropa," kata Direktur Utama PT MNC Tbk, Hary Tanoesoedibjo, usai rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB), di Jakarta, Senin 12 Desember 2011.

Harry berharap, dengan kerja sama tersebut, MNC juga bisa mendistribusikan content (acara) hingga ke luar negeri. Bahkan, MNC memiliki keinginan untuk memasukkan tayangan program ke stasiun televisi berbayar di luar negeri.

MNC juga berharap kerja sama dengan Saban Capital bisa membuat perusahaan mengembangkan bisnis character dan merchandise dari program kartun Power Ranger yang lisensinya dimiliki perusahaan tersebut.

Sebelumnya, RUPSLB perseroan hari ini juga memutuskan untuk mengangkat Adam Chesnoff sebagai komisaris. Adam Chesnoff merupakan presiden dan chief executive Saban Capitial Group.

Sementara itu, manajemen MNC juga melaporkan bahwa pendapatan perusahaan selama ini masih ditopang oleh unit bisnis siaran televisi. Hampir 80 persen dari pendapatan MNC berasal dari bisnis siaran televisi. "Ini berarti pendapatan dari iklan," kata Hary.

Dia menambahkan, sumber pendapatan perusahaan lainnya berasal dari content program dan sisanya dari bisnis media cetak.

Dari lini bisnis televisi, program RCTI merupakan penyumbang terbesar dengan porsi kontribusi mencapai 60 persen. Sementara itu, sisanya diperoleh dari stasiun televisi MNC TV dan Global TV.

Hary berharap, ke depan perusahaan akan mengurangi porsi kontribusi RCTI agar sumber pemasukan menjadi lebih berimbang. (art)

Kerja di rumah

Popular Posts