Pemerintah Janji Kurangi Belanja Konsumtif

Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet - Serta Info terbaru seputar dunia bisnis indonesia terupdate dan terpercaya

Senin, 24 Oktober 2011

Pemerintah Janji Kurangi Belanja Konsumtif

VIVAnews - Pemerintah menyatakan akan mengurangi belanja yang bersifat konsumtif, seperti perjalanan, keperluan kantor, dan pembangunan gedung pada 2012. Hal ini bertujuan untuk mempertajam sasaran-sasaran pembangunan nasional.

"Belanja-belanja yang bersifat perjalanan sudah kita hemat, tidak boleh melebihi 2011," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin 8 Agustus 2011.

Terkait anggaran 2012, dia melanjutkan, pemerintah berencana menaikkan anggaran belanja negara pada 2012 menjadi Rp1.400 triliun dari anggaran tahun ini Rp1.200 triliun. "Walaupun anggaran bertambah, tapi anggaran belanja yang bersifat perjalanan, belanja-belanja barang kantor, pembangunan gedung, kami potong," kata Hatta.

Hatta juga mengatakan bila defisit anggaran yang dialami pemerintah turut tergerus. "Yang jelas defisitnya terus berkurang dibandingkan 2011," katanya.

Tak cuma itu, pemerintah juga akan melanjutkan program penghematan di sektor energi. "Harus ada penghematan listrik sampai 20 persen," ujar Hatta. "Penghematan BBM juga tercermin dari anggaran kementerian yang harus turun." (eh)

Popular Posts